Gelar Wicara Trik Jitu Lulus UKBI

0
93

Selasa, 17 September 2019, bertempat di Kampus II Unit B Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) mengadakan acara Gelar Wicara “Trik Jitu Lulus UKBI” bersama Joko Sugiarto. Ia adalah bagian dari Tim Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Test UKBI adalah uji kemahiran (proficiency test) untuk mengukur kemahiran berbahasa seseorang dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik penutur Indonesia maupun penutur asing. UKBI meliputi lima seksi.

Seksi I (Mendengarkan) terdapat 40 soal, durasi 30 menit, wacana lisan dalam bentuk 4 dialog dan 4 monolog, setiap dialog dan monolog terdiri atas 5 butir soal. Seksi II (Merespons Kaidah) berisi 25 soal, durasi 20 menit, soal tertulis berupa kalimat yang direspons peserta dengan memilih opsi pengganti untuk bagian yang salah. Seksi III (Membaca), 40 soal, durasi 45 menit, wacana tulis berjumlah 8 wacana, setiap wacana terdiri atas 5 butir soal. Seksi IV (Menulis), 1 soal durasi 30 menit, soal tertulis berupa permintaan untuk mempresentasikan gambar/diagram/tabel ke dalam wacana tulis 200 kata. Seksi V (Berbicara), 1 soal, durasi 15 menit, soal tertulis berupa permintaan untuk mempresentasikan gambar/diagram/tabel ke dalam wacana lisan selama 5 menit persiapan dan 10 menit presentasi.

“Sebelum mengikuti tes UKBI baiknya istirahat dan belajar yang cukup dan ciptakan suasana nyaman. Dengarkan instruksi dari tim UKBI, bacalah soal dengan cermat, tandai terlebih dahulu jawaban yang dirasa tepat saat berlangsungnya ujian. Setelah semua soal dikerjakan, hitamkan bulatan yang ditandai, periksa kembali jawaban sebelum dikumpulkan. Ada beberapa penyebab kegagalan tes UKBI, yaitu tidak mencermati soal dengan baik, konsentrasi terganggu, dan menyepelekan soal,” tutur Joko. (JM)