Hari Bersejarah bagi FTDI

0
179

Rabu (9/3/2016) merupakan hari bersejarah bagi keluarga besar Fakultas Tarbiyah dan Dirasat Islamiyah (FTDI) yang terdiri dari Program Studi Tafsir Hadits (TH), Bahasa dan Sastra Arab (BSA), dan Pendidikan Agama Islam (PAI). Pada hari itu, telah dilantik tiga Organisasi Mahasiswa (Ormawa) baru di FTDI periode 2016-2017.

Bertambahnya tiga Ormawa baru membuat jumlah Ormawa di FTDI menjadi lima. Ketiga organisasi tersebut adalah Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) TH, BSA, dan PAI. Sebelumnya, hanya terdapat dua, yakni Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FTDI.

HMPS di FTDI merupakan Ormawa yang baru dibentuk pada kongres XIII FTDI pada Januari lalu. Pembentukannya dikarenakan jumlah mahasiswa FTDI yang kian tahun semakin bertambah. Selain itu, juga untuk program pengembangan sumber daya mahasiswa ketiga prodi tersebut, bersamaan dengan meningkatnya akreditasi prodi TH dan BSA yang saat ini menjadi A yang sebelumnya B.

“Setelah pelantikan ini, mahasiswa harus memikirkan program kerja apa yang akan dibentuk dan direalisasikan. Organisasi ini telah membuat persatuan dan kegigihan dalam kebersamaan kita selama ini. Terutama antara PAI Jogja dan Wates,” ujar Dr. Rika Astari, S.S., M.A. selaku wakil dekan FTDI saat sambutan.

Selain Rika Astari sebagai dosen prodi TH dan BSA, perwakilan dari Ormawa seluruh fakultas di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), serta sekitar 200 mahasiswa FTDI turut menghadiri pelantikan Ormawa FTDI yang dilaksanakan di ruang sidang utama kampus I UAD, Jalan Kapas, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta. Pelantikan tersebut diadakan sejak pukul 12.30-16.00 WIB.

Di akhir pelantikan, Irfan Zamzani dan M. Faiz selaku sebagai ketua DPM periode 2016-2017 dan wakil presiden BEM UAD, memberikan sambutan.

“Kebersamaan akan menciptakan persatuan, dan persatuan akan melahirkan perdamaian,” kata Faiz menutup sambutannya. (AKN)