Harumkan UAD dan Indonesia Lewat Debat Bahasa Arab

0
162

Harumkan UAD dan Indonesia Lewat Debat Bahasa Arab

Setelah menyabet juara II lomba Debat Bahasa Arab antar-universitas se-Indonesia pada Festival Timur Tengah 2014 di Universitas Indonesia, kini salah satu mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yaitu Ahmad Luqman Hakim kembali meraih 1st Runner Up Debat Bahasa Arab antar-universitas se-Malaysia dalam acara Ma’al Hijrah Arabic Debate Championship 1436 H/2014 M. Acara yang diikuti oleh 20 universitas ini berlangsung di International Islamic Universiti Malaysia (IIUM) Gombak, Kuala Lumpur, Malaysia.

Luqman yang merupakan mahasiswa semester VII Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Tarbiyah dan Dirasat Islamiyah UAD, mendapatkan beasiswa Dirjen DIKTI untuk mengikuti Program ASEAN International Mobility Student (AIMS) di Universiti Malaya. Kemudian, ia terpilih untuk mewakili Tim Debat Bahasa Arab Universiti Malaya.

Selama ini, Luqman dilatih secara intensif oleh pembimbing debat bahasa Arab berkebangsaan Libya, Dr. Shabah Madhi. Ia merupakan salah satu Asisten Profesor di Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya, dan tergabung dalam tim utama mewakili Universiti Malaya.

“Selain dilatih di UM, sebenarnya saya sudah mendapatkan teknik seni debat bahasa Arab dari dosen Bahasa dan Sastra Arab UAD, yaitu Abdul Malik, S.S., M.Hum. Hal tersebut sangat bermanfaat dan berpengaruh dalam kemenangan saya di Malaysia,” terang Luqman.

Acara tersebut juga diikuti oleh International Islamic Universiti Malaysia (IIUM), Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Universiti Malaya (UM), Universiti Pertahanan Malaysia (UPM), Kolej Pengajian Tinggi Islam Johor (MARSAH), Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia (UNISZA), dan berbagai universitas lainnya. 

Alhamdulillah kami juara, Luqman dari UAD ini sangat berpengaruh dalam kesuksesan tim debat Universiti Malaya. Karena sebelum ini, kami belum pernah menjuarai lomba Debat Bahasa Arab se-Malaysia,” tutur Dr. Muhammad Hazrul, salah satu dosen di Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya.

Di lain pihak, Luqman juga menuturkan, “Saya sebagai mahasiswa UAD sangat bersyukur dapat mengharumkan nama Indonesia di negeri Jiran, walaupun dengan mewakili tim dari Universiti Malaya. Dan semoga ilmu yang saya dapatkan bisa bermanfaat untuk Indonesia, serta UAD khususnya.”

Ma’al Hijrah Arabic Debate Championship merupakan acara tahunan perlombaan debat bahasa Arab antar-universitas se-Malaysia. Acara ini berlangsung dari 31 Oktober−3 November 2014. Debat didesain dalam posisi pro dan kontra di antara kedua kelompok. Materi yang diperdebatkan seputar isu-isu tentang Malaysia, Islam, dan di dunia internasional.

Dari prestasi tersebut, Tim Debat Universiti Malaya mendapat hadiah berupa uang tunai sebesar RM 1500 atau sekitar 5,5 juta rupiah sebagai hadiah, dan RM 800 sekitar 3 juta rupiah sebagai penghargaan. Selain itu juga mendapatkan piagam, tropi, dan cinderamata.