Hasil dari Mengembangkan Potensi Diri

0
144

“Orang yang luar biasa diciptakan dari potensi diri yang dikembangkan.”

(Rina Ratih)

 

Dr. Rina Ratih Sri Sudaryani, M.Hum., merupakan salah satu dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan (Prodi PBSI UAD) yang memiliki segudang pengalaman dan prestasi.

Ia merupakan alumnus PBSI UAD yang meraih gelar mahasiswa teladan UAD dan Kopertis V DIY, juga dinobatkan sebagai dosen teladan UAD dan Kopertis V DIY pada tahun 2005. Selain menjadi dosen, saat ini ia juga menjabat sebagai kepala pusat KKN (Kuliah Kerja Nyata) UAD.

“Jangan menganggap kita dipilih karena kita istimewa. Jadilah orang yang dibutuhkan orang lain dengan melakukan apa yang bisa dilakukan, karena kesempatan tidak datang dua kali,” ujar dosen sekaligus berprofesi sebagai viewer Lembaga Pengembangan Dana Pendidikan (LPDP) ini.

Minggu, (6/12/2015), Rina menjadi pemateri dalam pelatihan penulisan cerpen yang diadakan oleh Persada (Pesantren Mahasiswa KH. Ahmad Dahlan) dan bertempat di Kampus IV UAD, Jalan Ringroad Selatan, Banguntapan, Bantul, DIY.

Telah banyak tulisan-tulisan Rina yang telah dibukukan. Selain cerpen anak yang bernuansa Islami, sebelumnya ia menulis beberapa buku kumpulan cerpen tentang kehidupan perempuan dan lain sebagainya.

Rina merupakan salah seorang yang dapat mengembangkan potensi yang ia miliki dengan sukses. Selain segudang prestasi yang telah didapat, ia yang merupakan kader Muhammadiyah, terus belajar dengan meluangkan waktu setiap harinya untuk membaca dan menulis.

“Cari peluang dan berlatihlah dari sekarang. Belajarlah disiplin waktu untuk membaca dan menulis. Penilaian terhadap kita adalah apa yang kita lakukan. Jika baik, maka investasi akan baik dan banyak,” tegasnya. (AKN)