HMPS BK Adakan Counselor Photography Contest

0
228

 

Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (HMPS BK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan lomba Counselor Photography Contest dengan tema “Wonderful of Ramadhan” sebagai wadah pengembangan minat dan bakat mahasiswa BK, khususnya pada bidang fotografi. Lomba ini dikhususkan bagi mahasiswa aktif BK UAD semester 2, 4, 6, dan 8. Pendaftaran dibuka tanggal 27 April−1 Mei 2019, technical meeting 1 Mei, pengumpulan foto 5−8 Mei, pengumuman juara 12 Mei, dengan total hadiah Rp1.500.000,00.

“Kami memilih tema ‘Wonderful of Ramadhan’ karena pelaksanaan kegiatan bertepatan pada bulan suci Ramadan. Selain itu, kami bertujuan untuk membuat bulan Ramadan sebagai momentum perekat tali silaturahmi antara mahasiswa BK. Sudah banyak mahasiswa yang tertarik berpartisipasi dalam kegiatan Counselor Photography Contest, dilihat dari keingintahuan prosedur dan cara mengikuti perlombaan yang tampak sejak kami publikasi,” ujar Helmy, ketua HMPS BK.

Foto bersifat individu dan kelompok. Lomba kelompok, sasarannya adalah setiap kelas yang ada di BK. HMPS BK mewajibkan semua kelas berpartisipasi mengikuti lomba. Jumlah tidak dibatasi, 5−10 orang perwakilan kelas diperbolehkan untuk inframe di dalam hasil karyanya. Setiap kelas menunjukkan kekompakan dan kreativitasnya dalam bentuk karya foto.

Mekanisme penjurian dibedakan sesuai dengan kategori perlombaan yang diikuti. Kesesuaian dengan tema perlombaan, kekompakan kelompok untuk kategori lomba kelompok, pengambilan sudut foto, dan pencahayaan. Mahasiswa dibebaskan untuk menggunakan lokasi yang cocok dengan konsep masing-masing.

Juri berasal dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lensa dan dosen BK. Penjurian melihat kesesuaian karya dengan tema kegiatan. Peserta juga akan melakukan presentasi hasil karya, menjelaskan latar belakang pengambilan, serta konsep foto.

“Dosen sangat mendukung kegiatan ini karena mampu mengembangkan potensi di bidang akademik maupun non-akademik, serta mampu mengasah kreativitas dan kreasi mahasiswa. Selain itu, mahasiswa mampu mengembangkan potensi yang dimiliki dalam bidang seni fotografi, dapat berpikir kreatif, serta mengenalkan Program Studi BK dan UAD melalui media sosial,” tutupnya. (JM)