Ikut Lomba tanpa Motivasi, malah Dapat Juara

145

“Motivasi ikut lomba tidak ada. Karena kemarin liburan dan tidak ada mahasiswa yang bisa maju ke lomba, jadi ya saya saja yang maju,” ujar Diar Winanti saat diwawancara di Kampus III Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jln. Prof . Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Yogyakarta, Minggu (29-9-2019).

Diar, begitu panggilannya, berhasil meraih juara 1 cabang lomba Clinical Skill Event (CSE), dalam pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia yang berlangsung dari 20−25 Agustus 2019 di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Mekanisme lomba diawali dengan babak penyisihan. Di babak penyisihan ini, ada 50 soal yang harus dikerjakan peserta selama satu setengah jam. Malamnya, pengumuman peserta yang akan masuk 10 besar dan maju ke babak final. Di babak final itu peserta diberi kasus lembar rekam media. Kasusnya diambil dari keluhan pasien seperti tanda vital, tekanan darah, nadi, dan lainnya. Kemudian ada data lab. pasien seperti leukosit dan sebagainya. Selain itu juga ada pengobatan yang diberikan oleh dokter ke pasien.

“Pas hari pertama sakit, kan ada pengecekan data lab. dan juga pemberian obat. Setelah itu pasien dirawat-inap di rumah sakit sekitar lima hari. Dari kasus tersebut, kami disuruh menentukan pengobatan yang paling tepat untuk pasien seperti merevisi resep dari dokter,” kata Diar.

Mahasiswa Fakultas Farmasi itu melanjutkan, karena penyakit yang dialami pasien gagal jantung, edema paru, dan hipertensi maka Diar merekomendasikan terapi dan pengobatan-pengobatan lainnya. Setelah itu, rekomendasi ditulis dalam lembar portofolio, berupa kertas manila putih sebanyak dua lembar. Lalu, kertas itu ditempel di papan tulis untuk dipresentasikan.

Perempuan asal Kulonprogo itu mengatakan, dalam perlombaan tersebut peran UAD sangat mendukung dari segi finansial dan nonfinansial. Selain itu motivasi dan dukungan dari dosen Farmasi menambah semangatnya.

“Saya berharap, setelah ini bakal lahir bibit baru yang bisa menjuarai lomba-lomba yang akan datang,” harapnya. (ASE)