Implementasi Nilai Keislaman dan Menguatkan Ukhuwah Mahasiswa PPKn

0
76

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (HMPS PPKn) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan kajian Ramadan dan buka bersama pada 19 Mei 2019. Hadir sebagai pemateri adalah Fahmi Firmansyah, S.Sy., S.Th.I., S.Pd., M.A. Kajian kali ini mengusung tema “Implementasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Menguatkan Ukhuwah Islamiyah”, yang dihadiri civitas akademika PPKn.

Tema dipilih karena sejalan dengan visi misi Program Studi PPKn, yaitu berlandaskan asas-asas Pancasila dan asas Islami. Kedua asas tersebut merupakan unsur penting dalam melaksanakan kegiatan dan mempererat tali silaturahmi antarmahasiswa dan dosen.

Fahmi dalam taushiyahnya mengajak hadirin untuk meningkatkan kesadaran dalam beribadah. Umat muslim yang berlandaskan nilai-nilai keislaman dalam beragama, dan Pancasila dalam bernegara, seharusnya tidak lalai dalam membaca Alquran selama bulan Ramadan. Selain itu juga tidak meninggalkan salat dan berjamaah di masjid.

Tanggapan dari mahasiswa dan dosen sangat baik, dilihat dari peserta yang hadir hampir seluruh angkatan sivitas akademika PPKn. Harapannya, kegiatan ini bisa berlangsung setiap tahun dan mengadakan kajian tidak hanya di bulan Ramadan saja, tetapi juga di hari-hari lain,” ujar Ridwan, ketua panitia kegiatan. (JM)