KDU Korea Jalin Kerja Sama dengan UAD

0
208

Kantor Urusan Internasional Universitas Ahmad Dahlan (UAD-KUI) sambut Kyung Dong University (KDU) Korea Selatan di ruang sidang kampus I, Rabu (13/1/2016). KDU disambut langsung oleh Rektor UAD Dr. Kasiyarno, M.Hum.; Wakil Rektor IV Prof. Sarbiran, Ph.D.; Kepala KUI Ida Puspita, M.A.Res.; dan para Dekan UAD.

Sementara itu, KDU diwakili oleh Lee John Kyu selaku Presiden, juga Chung Ul Kyo dan Jung Chanewon. Pada kesempatan tersebut UAD dan KDU mendiskusikan MoU atau aktivitas kerja sama.

Pembicaraan kerja sama itu seputar pusat bahasa Korea di UAD. Dalam surat perjanjian, direncanakan bahwa jika sepakat, KDU akan mendatangkan guru dari Korea.

Menurut Ida Puspita selain akan diadakan pusat studi bahasa Korea, juga akan ada kerja sama untuk mengirim mahasiswa UAD ke KDU Korea selama enam bulan sampai satu tahun.

“Nanti dari pihak KUI akan mengundang mahasiswa untuk sosialisasi informasi perihal kerja sama Korea-UAD. Bagi mahasiswa UAD yang berminat silakah ke KUI,” terang Ida.

Dosen Sastra Inggris tersebut mengatakan, Fakultas Ekonomi (FE) menyambut dengan baik dengan adanya kerja sama ini. Menurut pengakuan Dekan FE, sudah banyak mahasiswa yang menanyakan.

Selain untuk mahasiswa UAD, belajar bahasa Korea juga akan dibuka untuk umum.

“Saya akan menyampaikan kepada sekolah, khususnya SMK Muhammadiyah yang ingin bekerja di Korea nanti,” terang Kasiyarno dalam sambutannya.

Di Indonesia, Korea dikenal sejak masuknya film dan drama Korea di Indonesia. Banyak anak muda yang tertarik dengan Korea. Hal tersebut terbukti dari banyaknya orang-orang yang meniru, baik gaya rambut, busana, karakter, dan banyak lagi yang lainnya.