Kembangkan Jahe Menjadi Aneka Produk

0
218

“Dengan satu bahan jahe, kita bisa membuat berbagai macam makanan,” kata Dosen Farmasi, Kintoko, S.F., M.Sc., Apt., saat pameran produk jahe yang dikembangkannya. Pameran yang juga menjadi program kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tersebut dihadiri oleh Rektor Dr. Kasiyarno, M.Hum. dan Wakil Rektor I Dr. Muchlas M.T., serta masyarakat Tirtonirmolo pada Jum’at, (14/08/2015).

Produk yang dibuat oleh mahasiswa KKN-PPM yang didamping Kintoko dan istrinya tersebut mengembangkan kebermanfaatan jahe sebagai bahan dasar. Mereka membuat lima produk, yakni sirup jahe, jahe instan, permen jahe, yoghurt, dan kue kering jahe.

Faisal, selaku ketua panitia acara pameran berharap, produk yang sudah dibuat bersama masyarakat tersebut bisa sampai dan terjual kepada masyarakat. Sebab, jahe merupakan tumbuhan yang banyak manfaatnya bagi kesehatan. “Selain menyehatkan, juga membuat stamina tubuh terjaga, apalagi bulan-bulan ini memasuki musim dengan cuaca tidak menentu,” terangnya.

Kasiyarno dalam sambutannya bertanya kepada masyarakat dan camat yang hadir, “Apakah program KKN UAD bermanfaat bagi masyarakat?”

“Bermanfaat,” serentak masyarakat menjawab pertanyaan itu.

Kasiyarno berharap program seperti pengolahan jahe dan limbah yang menjadi program KKN UAD terus dikembangkan dan dapat menjadi nilai dari hal yang sebelumnya tidak diperhatikan menjadi bernilai.

Selain produk yang berbahan jahe, juga ada produk pemanfaatan limbah pertanian, kotoran sapi, dan limbah pemotongan yang dijadikan pribiotik, pupuk organik, serta lainnya. Acara yang bertajuk “Gelar dan Lomba Produk Tutuna Jahe” tersebut mendapat sambutan antusias oleh berbagai pihak.