Kerja Sama PKU dengan Apoteker UAD

0
187

Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (FF-UAD) mengadakan program kerja sama dengan Majelis Pembina Kesejahteraan Umat (MPKU) pada Rabu, (16/9/2015) di kampus III, Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta. Agenda program membicarakan kerja sama kedua institusi dalam bidang beasiswa pendidikan dan pengabdian apoteker UAD.

Hadir dalam acara tersebut, Dekan FF UAD Dr. Dyah A. Perwitasari, M.Si., Ph.D., Apt. beserta staf dan MPKU dr. Ahmad Faesol, Sp.Rad., M.Kes. beserta perwakilan beberapa PKU di wilayah DIY dan Wonosari.

Program ini adalah periode kedua. Tahun ini, Dekan FF UAD menyerahkan langsung lima apoteker baru angkatan 28 kepada MPKU yang akan ditempatkan di PKU Cangkringan, PKU Planggeran Medari, PKU Srandakan, dan PKU Wonosari. Kelima apoteker akan melakukan pekerjaan kefarmasian di tempat yang telah disepakati sebagai bentuk pengabdian di amal usaha Muhammadiyah, sekaligus bekerja secara profesional.

Program kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan amal usaha Muhammadiyah di bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat, yakni PKU. Utamanya, PKU sedang membangun pelayanan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat yang jauh dari rumah sakit besar.

“Program ini bertujuan agar amal usaha Muhammadiyah bisa running well,” ucap Ahmad Faesol. Dokter ahli Radiologi ini menjelaskan tantangan dan tanggung jawab apoteker PKU di era BPJS seperti sekarang ini. Rumah sakit dan pelayanan kesehatan dengan citra Islam sangat dibutuhkan masyarakat. Selain menjaga tingkat kesehatan, juga menjaga tingkat keimanan yang keduanya penting dalam berkehidupan umat.

Pertemuan ini juga menyepakati kelanjutan pemberian beasiswa pendidikan program apoteker kepada lima mahasiswa angkatan 29 yang sedang menempuh pendidikan apoteker. Biaya seluruh pendidikan kelima calon apoteker akan ditanggung oleh MPKU Pembina, yaitu PKU Yogyakarta, PKU Bantul, dan PKU Kotagede. Beasiswa ini akan ditawarkan kepada mahasiswa yang bersedia dengan konsekuensi pengabdian di PKU setelah lulus menjadi apoteker (doc).