KKN UAD Beri 194 Barang kepada Masyarakat Tepus

0
214

Selasa (18/08/2015), secara simbolis Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang diwakili Wakil Rektor III memberikan 194 barang kepada warga di Tepus. Barang tersebut terdiri atas 43 alat pembuatan mocaf, 4 gondola, 4 etalase ukura, serta 143 alat pengolahan makanan berbahan mocaf.

Selain memberikan alat-alat tersebut, melalui mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM), UAD juga memberikan pelatihan pembuatan mocaf menjadi kue basah dan kue kering, pengemasan dan marketing, serta perizinan ke Dinas Kesehatan.

Pada kesempatan itu, masyarakat Tepus memamerkan mocaf hasil karyanya. Beraneka ragam perlombaan juga diselenggarakan, yakni lomba gerak lagu; mewarnai tingkat PAUD, TK, dan SD; penyerahan tropi pemenang lomba tenis ganda dan tunggal; serta pemenang lomba futsal. Bersamaan dengan itu, diserahkan izin P-IRT untuk KWT yang sudah divisit Dinas Kesehatan dan dikeluarkan izinnya.

Kepala Desa (Kades) Suharyana menjelaskan, hasil olahan kreasi  mocaf tersebut akan dipasarkan ke tempat wisata yang ada di daerah Tepus.

“Kami akan memproduksi dan memperkenalkan hasil karya masyarakat, yang selama ini sudah dibantu oleh dosen serta mahasiswa KKN UAD. Kami akan menggunakan olahan mocaf ini menjadi snack jika ada acara rapat dan acara besar.”

Pada kesempatan tersebut, hadir perwakilan dari LPM, Dinas TPH, Dinas Kesehatan, Dinas Deperindagkop, Dinas Pariwisata, BPP Tepus Kecamatan Tepus, 3 Kepala Dusun, 3 KWT, dan kelompok darma wisata pantai Pok Tunggal.