KKN UAD Kembangkan Potensi Pertanian Masyarakat Godean

0
157

Senin (03/14) pukul 08.00 WIB, bertempat di kantor kelurahan Sidorejo, Godean, Sleman mahasiswa KKN UAD mengadakan penyuluhaan pertanian dengan tema “Mengembangkan Potensi Pertanian”. Penyuluhan dihadiri oleh masyarakat Sidorejo. Giyanto selaku perwakilan dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman hadir sebagai pemateri. Penyuluhan dilakukan karena petani dinilai masih sering menghadapi persoalan bidang pertanian. Selain itu, penyuluhan diadakan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa KKN UAD kepada masyarakat Godean.

Pertanian di daerah Godean sempat terancam hama tikus yang menyerang sawah-sawah sehingga para petani sering mengalami gagal panen. Akibatnya, perkembangan potensi pertanian setempat pun terhambat. Para mahasiswa KKN berharap penyuluhan pertanian dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dan dapat mengembangkan potensi pertanian di daerah mereka. Giyanto menyampaikan bahwa petani yang melaksanakan pola tanam hasilnya tidak akan mengecewakan karena pola tanam sangat menentukan keberhasilan. Menurutnya, pola tanam yang menguntungkan adalah pola tanam tahunan yang berada pada mangsa (perhitungan musim) VIII karena pada musim tersebut sangat bagus untuk mengembangkan potensi tanam. Pola tanam harus ditentukan agar tidak mempengaruhi tanaman pangan yang ditanam pada bulan berikutnya.

Penyuluhan pertanian dihadiri oleh masyarakat yang mayoritas pencahariaannya adalah petani ini dihadiri juga oleh perwakilan dari kecamatan, kelurahan, dan Dra. Hj. Sudarmini selaku Koordinator Lapangan di Godean. Antusiasme peserta penyuluhan dapat dilihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Penyuluhan pertanian ini merupakan kerja sama antara mahasiswa dan masyarakat sekitar. Harapannya, mahasiswa dan masyarakat dapat saling belajar  dari persoalan yang muncul dalam dunia pertanian. (Doc)