Konferensi menuju Islam yang Progresif secara Perspektif

0
74

Selasa (23-4-2019), Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) selanggarakan konferensi internasional yang mengusung tema “Progressive Islam in Multi Perspective”. Acara yang berlangsung di kampus IV UAD Jln. Lingkar Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, ini dihadiri oleh tiga pembicara bertaraf internasional, yakni Dr. H. Abdul Muthi, M.ED., Assoc. Prof. Dr. Imtyaz Yusuf., dan Ronald A. Lekens-Bull.

Tentunya, ketiga pemateri itu sudah mempunyai kompetensi untuk menerangkan tema besar dari konferensi. Mereka juga ahli di bidangnya masing-masing, seperti Imtyaz yang ahli di bidang keislaman dari sisi linguistik, Ronald yang ahli dalam antropologi, serta Abdul Muthi yang ahli dari sisi pendidikan.

Dari keterangan Nur Kholis Arman Maimun, M.Ag., selaku Dekan FAI, konferensi ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Milad FAI yang ke-23. Tujuannya untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat terkait kajian keislaman.

Secara garis besar, tema yang diusung adalah Islam progresif secara perspektif. Tema itu juga sangat dibutuhkan supaya Islam tidak hanya dipahami secara satu perspektif saja,” jelasnya.

Konferensi ini diikuti 200-an peserta dari dalam maupun luar negeri seperti Bandung, Jakarta, sampai Klantan Malaysia. Hebatnya, peserta yang ikut akan mempresentasikan makalah yang sudah diajukan, dan makalah itu nantinya akan dimasukkan ke jurnal yang ada di FAI.

Kami ingin mempertahankan kegiatan semacam ini. Tetapi, nanti kami berharap cakupannya lebih luas, dan mengundang pemateri dari seluruh negara yang sudah MoU dengan FAI. Brunei, Singapura, Malaysia, Maroko, atau Mesir, pasti akan kami hadirkan suatu saat nanti,” tandasnya. (ASE)