Kreativitas Tanpa Batas

0
236

 

            Selasa (23/12/14), Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengadakan Semarak PBSI FKIP UAD 2014. Acara ini terdiri atas presentasi hasil penelitian dosen PBSI, dan peluncuran buku karya dosen serta mahasiswa. Hermanto, S.Pd.,  M.Pd. selaku ketua panitia mengatakan, “Acara presentasi hasil penelitian dosen memang setiap tahunnya diadakan, tetapi baru sekarang acara dibuat sebesar ini.”

Sementara itu dalam sambutannya, Dra. Triwati Rahayu, M.Hum. selaku Kepala Prodi PBSI mengatakan, acara tersebut diharapkan dapat menjadi acuan untuk mahasiswa dan dosen agar terus berkarya. “Kegiatan ini terkait dengan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.”

Semarak PBSI FKIP UAD 2014 yang diselenggarakan di auditorium kampus II ini turut dihadiri oleh 6 dosen yang mempresentasikan hasil penelitiannya. Mereka adalah:

  • Dedi Wijayanti, S.Pd., M.Pd. dengan judul “Penerapan Lagu Anak-Anak Karya Sigit Baskara: Sebuah Alternatif Model Pembelajaran Tematik Terpadu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah”,
  • Iis Suwartini, S.Pd., M.Pd. dengan judul “Analisis Teks Eksplanasi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”,
  • Siti Salamah, S.S., M.Hum.  dengan judul “Studi Kasus Pemerolehan Bahasa Pada Nabila (Anak usia 1:4−1:8 bulan)”,
  • Roni Sulistiyono S.Pd., M.Pd. dengan judul “Membaca Hening Berkesinambungan Melalui Jurnal Permainan Ulat Bulu, Gerbong Cerita, dan Buah Cerita untuk Meningkatkan Minat Baca”,
  • Wachid Eko Purwanto, M.A. dengan judul “Sindiran dalam Puisi Anggota Partai Gerindra dan PDIP: Dialektika Politik Menjelang Pemilihan Presiden Indonesia Tahun 2014”, dan
  • M. Ardi Kurniawan, S.S., M.A. dengan judul “Indonesia dalam Kartun Malaysia: Studi Kasus Serial Kartun Upin Ipin”.

            Kemudian, acara dilanjutkan dengan peluncuran buku-buku karya dosen dan mahasiswa. Kurang lebih ada 7 buku yang diluncurkan. Di antaranya kumpulan wacana dan pragmatik, serta dokumentasi puisi karya mahasiswa PBSI. Selain itu, Yosi Wulandari S.Pd., M.Hum. yang merupakan dosen baru di PBSI, juga meluncurkan buku karyanya yang dapat digunakan dalam matakuliah Sastra Perbandingan.

            Mahasiswa PBSI baik semester 1,3, 5, dan 7 ikut meramaikan acara ini. Sebagai pengisi acara adalah Teater Jaringan Anak Bahasa (JAB), serta grup vokal dari mahasiswa semester 3 kelas A,B, C, dan D. Selanjutnya, pemberian penghargaan untuk mahasiswa berprestasi PBSI juga menjadi acara yang sangat ditunggu-tunggu. Rencananya pada Januari dan Februari 2015 mendatang, akan kembali diadakan serangkaian acara yang tak kalah meriah.