Lagi-Lagi TS UAD Bawa Pulang Piala Juara Umum

0
46

Airlangga Championship Tapak Suci National Open merupakan perlombaan silat yang setiap tahun rutin diselenggarakan oleh Universitas Airlangga, Surabaya. Pada tanggal 21−26 Oktober 2019 merupakan perhelatan yang ke-10 kalinya. Tidak mau ketinggalan, Ortom Tapak Suci (TS) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) turut kembali berpartisipasi.

Seperti tahun sebelumnya, TS UAD lagi-lagi pulang dengan menyandang juara umum 1 dengan memperoleh 15 medali, 9 emas, 3 perak, dan 3 perunggu. Selain itu, pesilat baru TS UAD atas nama Robby Firdauzy Alfenjy dinobatkan sebagai pesilat terbaik putra dewasa.

“Prestasi itu sebenarnya bukan kejutan, karena hal ini sudah biasa di TS. Salah satu atlet TS juga menjadi pesilat terbaik. Kebetulan pesilat terbaik kami, merupakan pesilat yang baru atau mahasiswa baru, dan baru kali ini menjadi tahun pertamanya di UAD,” kata Gatot Sugiharto, S.H., M.H., selaku pembina TS UAD kepada wartawan di Ruang Sidang Utama Kampus 1 UAD Jln. Kapas, Semaki, Yogyakarta, Senin (4-11-2019).

Dari keterangan Gatot, prestasi ini langkah awal untuk berproses pada event perlombaan berikutnya. Sebab pada 1−2 Desember mendatang, TS UAD akan mengikuti kompetisi yang skalanya lebih besar, yaitu kompetisi internasional yang diselenggarakan di Universitas Lampung.

Pada Februari 2020, TS UAD juga bakal kembali mengikuti event yang tidak kalah bergensi meskipun skalanya nasional. Penyelenggaranya yakni Ikatan Pancak Silat Indonesia (IPSI). TS UAD tidak hanya melawan teman seperguruan saja, melainkan melawan seluruh perguruan pancak silat yang ada di Indonesia.

Di sisi lain, Dr. Dedi Pramono, M.Hum. selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) merasa salut dan berterima kasih kepada TS UAD. (ASE)