Laporan Tahunan Rektor UAD

0
394

Pada Sidang Senat Terbuka Milad Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang ke-58, Dr. Kasiyarno, M.Hum., selaku Rektor UAD menyampaikan laporan tahunan yang merupakan suatu pertanggungjawaban rektor di tahun 2018. Laporan ini berlangsung di kampus 4 UAD Jln. Lingkar Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Sabtu (29-12-2018).

Laporan pertanggunjawaban ini berisi kinerja yang telah dicapai UAD yang mencakup perkembangan kelembagaan terkini, sumber daya insani, kemahasiswaan, penelitan dan pengabdian kepada masyarakat, pusat unggul, pengembangan sistem informasi, kerja sama internasional, perkembangan fasilitas kampus, pengembangan unit usaha, penjaminan mutu, corperate social responsibility, serta peningkatan kesejahteraan.

Dari seluruh cakupan itu, UAD merupakan perguruan tinggi yang setiap tahunnya memiliki peningkatan yang signifikan. Ditinjau dari program studi, sekarang UAD sudah mendapatkan izin dan bisa menambah tiga program studi baru seperti Kedokteran, Pendidikan Profesi Dokter, dan Pendidikan Profesi Guru. Sehingga saat ini, UAD tercatat memiliki 47 program studi, termasuk 11 Program Studi Pascasarjana.

Selain itu, UAD juga masih membudayakan prestasi mahasiswa lokal dan asing sekaligus dosen-dosen. Tahun ini, peningkatan prestasi yang diraih mahasiswa UAD sudah naik menempatkan peringakat 49 yang di tahun 2017 masih di bawah, yaitu 84. Selain mahasiswa, ada tiga dosen UAD tidak mau ketingalan juga yaitu Nurkhasanah, S.Si., M.Si., Ph,D., Apt., dosen berprestasi di bidang sain teknologi, Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D., dosen yang menciptakan alat otomatisasi monitoring nutrisi tanaman hidroponik bagi petani, dan Dr. Kintoko, S.F., M.Sc., Apt., penemu obat diabetes bernama Binegal.

Ada juga dosen yang sudah berkonstribusi untuk bangsa dan negara atas nama Prof. Hariyadi, M.Sc., yang mengambangkan persenjataan di Departemen Pertahana Keamanan Republik Indonesia.

Tentu pencapain itu yang telah kami sampaikan di muka tidak lepas dari peran berbagai pihak baik intern maupun ekstern. Oleh karena itu, pada laporan ini, izin kami mengucapkan terima kasih atas konstibusinya untuk memajukan UAD,” ucap Kasiyarno.

Setelah laporan selesai, ada pidato ilmiah dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., dengan tema “Membangun Bangsa yang Berkemajuan dengan Perkembangan dan Budaya Indonesia”. (ASE)