Lomba Posdaya Binaan LPM UAD: 10 Posdaya Dinobatkan Juara

0
137

 

Sejumlah 10 Posdaya yang berlokasi di Kecamatan Playen, Paliyan, Kotagede, dan Wirobrajan mendapat penghargaan setelah dinobatkan sebagai juara Lomba Posdaya Binaan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (LPM UAD). Penghargaan ini diberikan langsung oleh Rektor UAD, Dr. H. Kasiyarno, M.Hum. kepada seluruh juara pada Rabu siang (1/10) di kampus 2 UAD. Kegiatan tersebut diselenggarakan langsung oleh LPM UAD sebagai bentuk apresiasi terhadap seluruh posdaya binaannya.

“Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, UAD melaksanakan KKN guna membangun masyarakat. Dengan perlombaan posdaya ini diharapkan adanya motivasi yang bertambah untuk meningkatkan posdaya dan pembangunan masyarakat,” ujar Dr. Sugiyarto, M.Si. selaku ketua posdaya.

Berdasarkan hasil penjurian pada 8−11 September 2014, Posdaya Handayani Paliyan terpilih sebagai juara I mengalahkan 172 peserta posdaya lain dari Kabupaten Gunungkidul dan Kota Yogyakarta. Juara II diraih Posdaya Mitrasari Playen, diikuti Posdaya Ngudi Keluarga Sejahtera Kotagede sebagai juara III. Kemudian berturut-turut juara harapan diperoleh Posdaya Rejoso Kotagede, Posdaya Sejahtera Playen, Posdaya Lestari Paliyan, Posdaya Manunggal Paliyan, dan Posdaya Wirabrata Wirobrajan. Masing-masing juara mendapatkan piagam beserta uang pembinaan sesuai ketentuan juara. Selanjutnya, khusus juara I lomba posdaya ini didaulat untuk mengikuti perlombaan posdaya tingkat Korwil UGM sebagai wakil posdaya binaan LPM UAD.

Dengan keberhasilan lomba ini, Kepala LPM UAD, Drs. H. Jabrohim, M.M. mengimbau pada seluruh posdaya agar semakin giat dalam mengembangkan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan yang kreatif dan membangun. “Setelah ini, melalui mahasiswa KKN dan posdaya setempat, UAD berupaya mengembangkan pemberdayaan masyarakat melalui UMKM dan pelatihan berbasis lokal. Di samping itu, UAD juga berupaya menjalankan posdaya berbasis masjid yang terfokus bagi pemberdayaan perempuan,” jelasnya.

Di samping itu, kegiatan lomba ini mendapat sambutan baik oleh Rektor UAD. Menurutnya, kerja sama posdaya dengan KKN UAD sangat bagus. Keberadaan posdaya memiliki tujuan mulia sebagai pencerahan yakni pembebasan, pendidikan, dan pemberdayaan bagi seluruh elemen masyarakat. (Doc)