Loyalitas Jelang Masa Taaruf

0
159

Adzan subuh belum berkumandang, tetapi panitia Masa Taaruf (Masta) 2018 sudah siap untuk melaksanakan kegiatan. Tepatnya pukul 2.30 WIB, panitia Masta Program Studi Psikologi sudah berada di kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Setengah jam kemudian, mereka melakukan briefing.

Masta merupakan program tahunan untuk menyambut mahasiswa baru. Panitia Masta berasal dari anggota IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah). Masta mahasiswa baru UAD tidak dilaksanakan secara bersama, tetapi per zona yang terdiri atas zona satu, zona dua, dan zona tiga.

Psikologi adalah salah satu program studi yang berada di zona satu. Kali ini, Selasa (28/8/2018), zona satu mendapat giliran melaksanakan Masta dengan diikuti oleh 320 mahasiswa baru.

Dalam waktu satu bulan, panitia Masta Psikologi telah melakukan berbagai persiapan materi, pembagian PJ (Penanggung Jawab) Kelas sebanyak lima orang, dekorasi ruangan, persiapan penampilan yang akan dibawakan oleh masing-masing Ortom (Organisasi Ortonom), serta membuat yel-yel. Sedangkan yang dipersiapkan oleh peserta berupa cocard Masta, jilbab warna merah, dan tugas-tugas Masta.

Pada tahun ini, ada yang berbeda dengan yel-yel Masta. Hal ini terjadi karena pada tahun sebelumnya yel-yel sudah disiapkan dari panitia pusat, tetapi tahun ini yel-yel dibuat oleh PJ Kelas dan Sie Acara.

“Materi hari ini akan ada pengenalan Hizbul Watan (HW), Tapak Suci (TS), dan pengenalan IMM sendiri,” ucap Jihan, yang ditemui di kampus 1 UAD Selasa, (28/8/2018).

Uli salah satu panita Masta Psikologi berpesan agar mahasiswa baru harus selalu semangat, terutama untuk hari ini, karena merupakan hari pertama pelaksanaan Masta. (hrv)