LPM Adakan Seminar Ketahanan Pangan

0
227

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) gelar Seminar Nasional pada (4/11/2015) di Hotel Jayakarta, Yogyakarta. Acara yang mengusung tema “Pamanfaatan IPTEKS dalam Membangun Ketahanan Pangan” ini diikuti oleh 39 pemakalah sebagai tim dosen yang mendapat dana Hibah Pendidikan Tinggi (Dikti) UAD, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Widya Mataram Yogyakarta,  Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Stikes Muhammadiyah Yogyakarta, serta Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Hadiri sebagai keynote speaker Dr. Ir. Tcuk Eko Hari Basuki, M.ST. Kepala Pusat Ketersediaan  dan Kerawanan Pangan Nasional. Hadir pula sebagai plenary speaker Ir. Arofah Noor Indriani, M.Si. Ia adalah Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selain itu, Dwi Kuswantoro, S.E., M.Si. sebagai Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Wilayah ( PWM) DIY turut hadir pula sebagai plenary speaker.

Ditemui usai acara Dr. Rina Ratih S.S., M.Hum. selaku ketua panitia mengaku senang atas terselenggaranya seminar tersebut. Ia menambahkan bahwa banyak perguruan tinggi yang mengadakan seminar penelitian, tetapi tidak mengadakan seminar hasil PPM seperti LPM UAD. 

“LPM sebagai lembaga berperan untuk mewadahi kegiatan dosen di bidang pengabdian yang melebarkan sayap untuk bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat dalam rangka membangun ketahanan pangan.”

Acara yang di buka langsung oleh Wakil Rektor III UAD Dr. Abdul Fadlil, M.T. ini tidak hanya menyampaikan materi dari masing-masing pembicara, tetapi ada pula presentasi dari peserta dari berbagai hasil hibah yang didapatkan.