Luncurkan Logo Milad ke-55 UAD dengan Roket

0
202

            “Penguasaan Basic Sciences untuk Pengembangan IPTEK Menuju Indonesia Berkemajuan”. Begitulah tema Milad Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang ke-55. Cara ini merupakan peluncuran logo Milad UAD pada Selasa (6/10/2015), yang ditandai dengan peluncuran roket air oleh Rektor UAD di Kampus IV, Ring Road Selatan.

            “Roket air yang digunakan memiliki desain bertingkat dengan sistem separasi yang turun setelah mencapai ketinggian tertentu, dengan membawa muatan bendera berlogo Milad UAD ke-55,” terang ketua panitia, Drs. Aris Thobirin M.Si., dalam sambutannya.

            Aris menambahkan, roket air tersebut dibuat atas kerja sama antara tim dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional LAPAN dengan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UAD sebagai salah satu bagian dari implementasi MOU yang sudah ditandatangani kedua belah pihak.

            Terdapat sekitar seribu roket yang diluncurkan. Setelah acara berlangsung, maka dilanjutkan dengan kegiatan kontes roket air dengan peserta dari siswa SMP/MTs dan SMA/MA/SMK se-DIY.

            Kontes roket air tersebut diikuti sebanyak 150 tim yang sekaligus merayakan Milad UAD dan mengikuti lombanya. Selain lomba roket, juga ada Workshop Pembuatan Roket Air dan Launchernya bagi siswa dan guru SMP/MTs dan SMA/MA/SMK se-DIY; Kontes Roket Air; Lomba Seni, Budaya, Agama dan Olahraga; Olimpiade MIPA dan Komputer (Olimpinter); Pengabdian Masyarakat dan Layanan Kesehatan; Malam Tasyakuran dan Hiburan; Pidato Ilmiah dan Pidato Tahunan Rektor; Family Gathering; serta Seminar Internasional.