Manfaatkan Keilmuan Dosen untuk Menulis Artikel

0
168

Dosen sudah mempunyai materi keilmuan untuk menulis di media masa. Hanya saja, tidak semua dosen bisa mengolahnya menjadi tulisan ilmiah populer.

Begitulah latar belakang diadakannya pelatihan artikel ilmiah populer di media massa bagi dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Acara  yang diselenggarakan oleh Humas UAD ini berlangsung di ruang sidang kampus I, Kamis (31/3/2016). Hadir sebagai pembicara adalah Pemimpin Redaksi  Koran Tempo, Ali Nur Yasin.

Ada banyak hal yang ditekankan pada pelatihan tersebut. Salah satunya melihat manfaat menulis di media massa bagi dosen. Cara mengolah tulisan sesuai bidang keilmuan menjadi artikel populer di rubrik opini, dan kiat menulis di media masa.

Selain itu, para peserta juga langsung praktik menulis yang langsung dipandu oleh Ali. Selanjutnya, tulisan dievaluasi untuk mendapatkan tulisan yang baik.

“Banyak dosen yang masih terikat dengan akademik, sehingga tulisannya masih kaku dan teoritis. Tentu saja itu tidak layak di media masa. Berbeda jika itu diaplikasikan ke jurnal,” kata Ali saat menjelaskan persoalan dosen saat menulis.

Jika ingin menulis di media masa, lanjut Ali, maka bahasa yang digunakan harus merakyat dan gampang dipahami oleh banyak kalangan.

Dr. Abdul Fadlil, M.T., selaku Wakil Rektor III dalam sambutannya berharap, dengan adanya pelatihan artikel dosen UAD, pemikiran dan keilmuan dosen dapat dipublikasikan di media masa sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat kebanyakan.