Melihat Kegiatan Darul Arqam Madya

0
276

“IMM akan bangkit ketika dapat menggerakkan dan membebaskan dirinya, orang lain, dan lingkungan sekitar. Ini dapat terjadi jika IMM mempunyai sikap altruistik atau kepedulian yang besar,” ujar Lady Farhana selaku Ketua Umum PC IMM Djazman Al Kindi dalam pembukaan Darul Arqam Dasar (DAM) tahun 2016 pada Senin (29/2/2016) di Aula Islamic Center UAD Jalan Ringroad Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul.

Serangkaian kegiatan DAM sebagian besar adalah pembekalan materi oleh para ahli dan diskusi. Puluhan peserta yang berasal dari Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, hingga Sorong, Papua Barat, berpartisipasi dalam mengikuti DAM yang diadakan Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM).

PC IMM Djazman Al Kindi merupakan pimpinan ortom Muhammadiyah yang mencakup UAD. Maka dari itu, UAD menjadi pelopor dalam terselenggaranya DAM tahun 2016 tersebut. DAM diadakan selama lima hari, yakni pada Senin-Jum’at (29/2-4/3/2016).

DAM menjadi program kerja bidang kaderisasi PC IMM Djazman Al Kindi, yang merupakan bagian dari serangkaian kegiatan pengkaderan. Dimulai dari Latihan Dasar Organisasi (LDO), Latihan Dasar Ikatan (LDI), Darul Arqam Dasar (DAD), untuk selanjutnya Darul Arqam Madya (DAM).

Pada DAM kali ini, tema yang dicetuskan adalah “Era Kebangkitan IMM: Membingkai Generasi Altruistik sebagai Upaya Pembebasan Kaum Mustadh’afin untuk Indonesia Berkemajuan”. Tema ini diambil berkenaan situasi yang terjadi saat ini. Dengan mudahnya para penguasa yang tidak bertanggung jawab menindas kaum-kaum lemah, seperti kaum dhu’afa, kaum yang memiliki keterbelakangan, dan lain-lain.

Dengan itu, IMM diharapkan mampu untuk mengupas tuntas kasus tersebut sehingga dapat tercipta ketenteraman dalam berkehidupan. Tentunya, untuk membangun Indonesia berkemajuan. (AKN)