Melihat Kunjungan Pascasarjana UAD di Tiga Universitas Filipina

0
270

 

Kunjungan ke Ateneo de Manila University

Pada 4 September 2014, rombongan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berkunjung ke Ateneo de Manila University untuk melaksanakan beberapa kegiatan. Di antaranya adalah studi banding, library study, dan campus tour; belajar mengaplikasikan peminjaman dan pengembalian buku dengan electronic system; melihat langsung fasilitas kuliah; melihat langsung sistem kerja pelayanan dari staf universitas; meeting dengan Associate Chair, Dean of Humanities, Dean of English Language Education, and Department Head of English Language Education Program, dan bertemu beberapa profesor.  

Pertemuan tersebut membicarakan adanya kegiatan kolaborasi yang telah dilakukan UAD, yakni  mengantar mahasiswa yang akan kuliah dua tahun di UNC (untuk memperoleh double degree). Selain itu, lima mahasiswa melaksanakan penelitian, menyelesaikan tugas akhir tesis, dan ujian akhir master degree di USANT pada Januari 2015. Sebelumnya, UAD telah melaksanakan kegiatan Visiting Lecturer, Visiting Professor, Join Publication, Students’ Exchange Program, Education Expo, Scholarship, Social Exchange Program, seperti dengan UUM, UPM, USM, Tiongkok, Thailand, Cambodia, Australia, dan USA.

Untuk kerja sama selanjutnya, Ateneo de Manila University menawarkan beberapa kegiatan. Antara lain Program Kursus Bahasa Inggris ekstensif selama delapan minggu−pada waktu tenggang atau liburan di UAD, secara berkelompok antara 8−15 peserta. Selain meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, tujuan program ini adalah mendapat skor TOEFL/IELT tinggi sehingga dapat dipakai sebagai syarat melanjutkan studi Ph.D. dan meraih scholarship studi di luar negeri. AdeMU juga mengundang mahasiswa UAD untuk berlomba mendapatkan scholarship dari NIPPON Foundation untuk studi lanjut Ph.D. Semua persyaratan memperoleh scholarship dapat diunduh melalui internet.

 

Kunjungan ke University of Saint Anthony

Penyerahan lima mahasiswa pascasrajana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan (PBI-S2 UAD) kepada Presiden USANT didampingi tiga Dekan USANT dilakukan pada 5 September 2014. Mahasiswa tersebut langsung diberi kesempatan bertemu adviser-nya dan sepenuhnya mendapat bimbingan para professor di USANT. Kelima mahasiswa harus dapat melampaui empat tahap defences, yaitu Title Defence, Proposal Defence, Preliminary Defence, dan Last Oral Defence.

Para mahasiswa akan menghadapi Oral Defence atau Preliminary Defence yang akan didampingi Rektor dan Kaprodi PBI S2 yang berperan sebagai anggota panel dari UAD. Agenda yang dijadwalkan adalah Preliminary Oral Defence pada 15−30 Desember 2014 dengan berkesempatan memberi pertanyaan, masukan, saran, dan usul. Kemudian, 16 Januari 2015 merupakan Final Oral Defence yang diharapkan tidak perlu ada direvisi mengenai judul masing-masing mahasiswa, pembimbing, dan yang bertanggung jawab.

Mahasiswa UAD mendapat kesempatan bersaing dengan mahasiswa Filipina untuk berprestasi dan studi lanjut ke jenjang Ph.D. tanpa tes. Selain itu, akan diusahakan adanya scholarship. Harapannya, semoga lima mahasiswa PBI-S2 dapat berprestasi maksimal dan menyambut baik kesempatan tersebut.

 

Kunjungan ke UNC di Naga City

Rombongan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) didampingi dua profesor dari USANT menuju UNC di Naga City. Acara diawali dengan upacara penyerahan dua mahasiswa Program Studi (Prodi) Fisika yang mengikuti double degree selama dua tahun.

“Mereka mengusulkan judul dan beberapa objektif. Adanya tindak lanjut sangat diharapkan dari Fakultas Ekonomi UAD,” ungkap Dr. Hj. R.A. Noer Doddy Irmawati, M.Hum.

Bersama Dr. Dwi, Dr. Noer melakukan presentasi dan meeting dengan Dean of Graduate School UNC. Mereka sepakat akan mengadakan kerja sama di masa mendatang. Atas permintaan UNC, diharapkan UAD mempersiapkan Dr. Kasiyarno, M.Hum. untuk dapat memberikan stadium general dengan tema “culture”, dan Dr. Noer dengan tema “literature” pada kunjungan selanjutnya, yakni sekitar Desember 2014 atau Januari 2015. (doc)