Melihat Tantangan Muhammadiyah

0
212

“Ada 4 hal yang menjadi tantangan Muhammadiyah,” kata Rujito, S.Ag. saat memberikan ceramah di masjid Darussalam Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kampus I pada Sabtu, (22/08/2015).

Menurut pengelola panti asuhan di Kulon Progo ini, tantangan tersebut datang dari kaum adat yang cenderung menyekutukan Allah Swt. Selain itu juga datang dari kaum jumud. Mereka adalah orang yang hanya ikut-ikutan tetapi tidak paham yang dilakukan, kaum sekuler, dan kaum agama lain yang cenderung syirik.

Jika tidak berhati-hati, hal tersebut akan sangat berbahaya. Ia juga mengimbau agar lebih santun menghadapinya, jangan memakai amarah.

“Kita harus melakukan sesuatu dengan akal sehat. Kita perlu makan sebelum bekerja. Setelah itu bekerjalah. Jangan lupa olah pikir, olah dzikir, olah rasa. Kunci untuk menuju bermuhammadiyah adalah niat, pengorbanan, dan ikhlas.

Pengajian yang rutin diadakan oleh takmir masjid Darussalam tersebut menghadirkan semua civitas UAD kampus I. Selain pengajian, takmir juga mengadakan kajian pagi di masjid center  UAD di kampus IV.