Mengenal PKM

0
172
Danang Sukantar, S.Pd.,M.Pd. saat memperkenalkan PKM kepada mahasiswa baru FKM di ruang 221 pada Jumat (31/8/2018).

Dalam rangkaian acara Program Pengenalan Kampus (P2K) 2018 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) mengadakan acara pengenalan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Acara ini diadakan di kampus 3 UAD di ruang 221 dan 219.

Pengenalan PKM mendatangkan dua orang pembicara yakni Danang Sukantar, S.Pd.,M.Pd. dan Dr. Ir. Widodo Hariyono, M.Kes. Dari dua pemateri tersebut, Danang mengisi di ruang 221 dan Widodo mengisi di ruang 219.

Danang menjelaskan tentang PKM, ragam PKM, dan contoh-contoh PKM yang telah dibuat oleh mahasiswa UAD. Selama ini terdapat tujuh ragam PKM yaitu PKMP, PKMK, PKMM, PKMT, PKM-KC, PKM-AI, dan PKM-GT.

Setiap kelompok pelaksanaan PKM yang diundang untuk Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) wajib mengunggah laporan akhir, poster, dan artikel. Untuk mahasiswa yang mengikuti Pimnas akan diajarkan membuat poster, cara presentasi, dan semua akan dicarikan pelatih, serta didanai oleh kampus,” jelasnya.

Ia juga berpesan, “Pada intinya yang berkeinginan untuk mengikuti PKM akan dibantu oleh kampus dan dicarikan pembimbing. Ada penghargaan juga untuk mahasiswa yang lolos Pimnas, yakni tidak akan diwajibkan membuat skripsi, hanya mempresentasikan PKM-nya saja bersama kelompoknya.”