Menjadi Mahasiswa Unggul dan Kompetitif

0
168
Suasana stadium general mahasiswa baru FKM yang diisi oleh Dr. Sayono, S.K.M.,M.Kes(Epid). di kampus 3 UAD pada Jumat (31/8/2018).

Jumat (31/8/2018), rangkaian Program Pengenalan Kampus (P2K) 2018 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan acara stadium general. Kegiatan ini diadakan di kampus 3 UAD ruang 221 dan 219.

Mengusung tema “Perkembangan Kesmas dan Pentingnya Uji Kompetensi”,stadium general tersebut mendatangkan dua pembicara yakni Dr. Sayono, S.K.M.,M.Kes(Epid). dan Oni Lynda, S.K.M.,M.Kes.

Sayono membawakan materi mengenai “Menjadi Mahasiswa Unggul dan Kompetitif”. Menurutnya, mahasiswa adalah insan dewasa yang diharapkan bisa mandiri untuk mengembangkan dirinya. Mahasiswa yang unggul adalah yang memiliki potensi tinggi di atas standar yang baik, dan mampu berkompetisi di bidang akademik, bakat, serta soft skill.

“Ada delapan kompetensi utama yang harus dimiliki mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Kesmas), yaitu melakukan kajian dan analisis, merencanakan dan mengembangkan kebijakan Kesmas, berkomunikasi, memahami budaya lokal, melakukan pemberdayaan masyarakat, memahami dasar-dasar ilmu Kesmas, merencanakan dan mengelola sumber dana, serta berpikir sistem,” jelasnya.

“Saya bisanya mengantarkan sampai di sini, hidup kalian dimulai dari minggu-minggu ini untuk merintis masa depan. Semoga kalian menjadi pembuka wawasan sebagai sarjana tenaga kesehatan masyarakat yang tidak terpaksa, karena semakin hari kalian semua akan tahu bahwa Kesmas itu pengendali di bidang kesehatan,” tambahnnya.

Dina Nurul Arofah salah satu mahasiswa baru FKM memberikan apresiasi terhadap acara ini. “Acara stadium generalnya bagus. Kami agak sedikit lelah, tapi tetap mengikuti dengan enjoy.” (dta)