Menyambut Ramadan bersama Amein Rais

0
166

 

“Berpuasalah supaya menjadi manusia yang bertakwa kepada Allah. Perlu diketahui, orang yang berpuasa termasuk gambaran orang yang sangat bertakwa, seperti yang dijelaskan di dalam Quran surat Al-Baqarah,” jelas Prof. Dr. H. M. Amien Rais, M.A., saat mengisi ceramah perdana untuk menyambut Ramadan di Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (IC UAD) Jln. Ringroad, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Rabu (16/5/2018) malam.

Secara etimologi, salah satu manusia yang bertakwa ialah ketika orang menunaikan puasa di bulan Ramadan. Bulan Ramadan juga bagus untuk menerapkan terapi pola hidup sehat. Sebab, secara langsung orang harus menahan lapar setelah imsak sampai Maghrib. Sangat dianjurkan bagi manusia untuk makan secukupnya selama bulan Ramadan, supaya pikiran tetap jernih dan tubuh bisa tetap sehat.

 

“Orang yang bertakwa harus percaya kepada Allah, percaya sama Hari Akhir, percaya kepada malaikat, dan percaya kepada nabi utusan. Selain itu juga selalu membayar zakat dan sedekah kepada orang yang membutuhkan, serta tidak pernah ingkar janji kepada orang lain.”

Amien Rais menambahkan, berpuasa bukan hanya menahan lapar saja, kita juga harus jihad melawan nafsu yang bisa menjerumuskan kita menjadi orang buruk. Melawan nafsu merupakan anjuran utama yang ada di dalam Quran. Nafsu yang harus dilawan yaitu nafsu kepada lawan jenis dan nafsu saat melihat makanan selama berpuasa. Orang yang berpuasa juga harus jihad di jalan Allah, seperti tidak menyekutukan-Nya serta tidak menyembah selain Allah.

“Haram hukumnya bagi manusia yang menyembah setan,” ucap Amien Rais mengakhiri ceramahnya. (ASE).