Minat Keilmuan Dasar Fisika, Biologi, dan Matematika Makin Meningkat

0
211

Minat terhadap penguasaan keilmuan dasar seperti Fisika, Biologi, dan Matematika makin meningkat. Ini yang membuat semakin banyak lulusan SMA/SMK/MA yang tertarik dan masuk ke FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, ilmu-ilmu aplikatif lebih banyak peminatnya.

“Meningkatnya minat terhadap ilmu-ilmu dasar tersebut seiring makin meluasnya peluang kerja bagi lulusannya akhir-akhir ini. Sebab, bidang apa pun membutuhkannya,” ungkap Wakil Dekan FMIPA UAD, Agung Budiantoro, M.Si., Minggu (24/1/2016).

Usai membuka Olimpiade MIPA dan Komputer 2016 tersebut, Agung pun menyayangkan karena belum semua perguruan tinggi mampu menyelenggarakan, terutama menyangkut fasilitas, peralatan, laboratorium.

“Apalagi untuk perguruan tinggi swasta. Karena itu, butuh perhatian dan bantuan dari pemerintah agar pengembangan ilmu dasar bisa makin meningkat,” katanya.

Peningkatan minat di FMIPA UAD, menurut Agung, telah mencapai 90 persen. Sebelumnya, FMIPA kurang diminati walaupun menjadi fakultas unggulan di UAD. Bahkan pada 2007/2008 lalu, sempat menurun drastis hingga 50 persen.

“Penurunan tersebut,” lanjutnya, “tak lepas dari keluarnya kebijakan pemerintah terkait sertifikasi guru dan dosen pada 2006. Waktu itu, FKIP justru kebanjiran mahasiswa karena semua ingin menjadi guru. Tapi sekarang, dengan diberlakukannya PPG sebagai syarat menjadi guru, mahasiswa FMIPA juga mempunyai peluang yang sama jika berminat menjadi guru. Bahkan, penguasaan materi terkait keilmuannya lebih mendalam,” jelas Agung.

Humas FMIPA UAD, Iwan Tri Riyadi Yanto, S.Si., MIT. menuturkan, keinginan untuk semakin mempopulerkan keilmuan dasar dari FMIPA UAD itu pula yang kemudian melatarbelakangi diselenggarakannya Olimpiade MIPA dan Komputer tiap tahunnya. Pada penyelenggaraan ke-5 tahun ini, turut berpartisipasi 108 siswa SMA/SMK/MA se-DIY dan Jateng.

“Jumlah peserta tersebut berasal dari delapan belas sekolah. Mereka berlomba di empat bidang, meliputi Fisika, Matematika, Biologi, dan Komputer. Tak hanya mengasah pengetahuan keilmuan dasar, lomba juga ikut mengasah soft skill peserta melalui tahapan kompetisi, yakni berupa praktikum,” papar Iwan.

Iwan pun mengakui, ajang olimpiade tersebut sekaligus digunakan sebagai ajang promosi FMIPA UAD. “Berdasarkan data Ditjen Dikti, untuk Program Studi Fisika dan Biologi yang kami miliki, masih menjadi yang terbaik untuk perguruan tinggi swasta se-Indonesia,” ujarnya bangga.