Musyawarah Daerah Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Indonesia (IMABKIN) DIY

0
216

Program Studi Bimbingan dan Konseling (Prodi BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi tuan rumah Musyawarah Daerah (Musda) Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Indonesia (IMABKIN) Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan yang dilaksanakan bertempat di Grand Sargede UAD pada Sabtu-Minggu, (29-30/11/15) dikuti Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta dan dihadiri oleh mahasiswa Prodi BK, Kaprodi BK, serta Dosen BK di lingkungan UAD.

Dian Hasfi, ketua panitia dalam laporannya menyampaikan, “Kegiatan ini berlangsung untuk menindaklanjuti Rapat Pimpinan Nasional, baik yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka Jakarta maupun yang terakhir pada beberapa bulan yang lalu diadakan di Universitas Negeri Semarang.”

“Musda IMABKIN dihadiri perwakilan Himpunan Mahasiswa dari 6 Perguruan Tinggi antara lain UAD, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga, Universitas PGRI Yogyakarta, IKIP PGRI Wates, dan Universitas Teknologi Yogyakarta. Harusnya masih ada satu perguruan tinggi yang hadir, yakni Universitas Sanata Dharma. Namun karena ada kegiatan internal di kampus, maka meminta izin untuk tidak bisa mengikuti kegiatan ini.”

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan FKIP Dr. Suparman, M.Si., DEA. Ia menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan kegiatan yang positif dan harus mendapatkan hasil yang positif.

“Musyawarah daerah yang diadakan ini tidak hanya mempererat mahasiswa BK yang ada di DIY, tetapi mari kita tingkatkan ke internasional. Ini dengan melihat kenyataan bahwa kita sudah akan menuju masyarakat ekonomi Asean,” ujarnya.

Dr. Suwarjo, M.Si., selaku Pengurus Daerah Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan arahan bahwa dengan musyawarah IMABKIN ini tidak hanya bersaing antarperguruan tinggi, tetapi juga harus saling melengkapi sesuatu yang tidak ada di kampus A tetapi ada di kampus B atau sebaliknya. Harapannya, akan menghasilkan konselor yang profesional dan bermartabat.

Kegiatan yang berakhir pada pukul 1.30 pada Senin dini hari ini ditutup oleh Dosen Pembimbing Mahasiswa Ariadi Nugraha dengan menetapkan Aiz Suryaman dari Universitas Negeri Yogyakarta sebagai Ketua Daerah IMABKIN DIY periode 2015-2017.  (Ari)