Napak Tilas IMM TDI

0
202

 

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan salah perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia yang berada di Yogyakarta. Muhammadiyah didirikan pada tanggal 18 November 1912 oleh K.H. Ahmad Dahlan sebagai organisasi  untuk menumpas penyimpangan-penyimpangan Islam pada masa itu. Sebagai mahasiswa yang sadar akan pentingnya sejarah, maka Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Tarbiyah dan Dirasat Islamiyah (IMM TDI) mengadakan napak tilas perjuangan K.H. dalam menegakkan Islam.

Napak tilas merupakan salah satu program kerja bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan (RPK) pimpinan komisariat IMM TDI. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi pengetahuan tentang K.H. Ahmad Dahlan sebagai pendiri organisasi Islam Muhammadiyah serta perkembangan Muhammadiyah sejak dulu hingga saat ini.

Minggu (11/10/2015) sejak pukul 07.00-17.00 WIB, mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Dirasat Islamiyah (FTDI) UAD mengadakan napak tilas Muhammadiyah di Kauman, Yogyakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh lebih dari 50 mahasiswa semester 1-7 Program Studi (Prodi) Tafsir Hadits, Bahasa dan Sastra Arab, juga Pendidikan Agama Islam (PAI).

Mahasiswa baru FTDI sangat berantusias dalam mengikuti kegiatan dengan tema “Berkaca dari Masa Lalu, Mari Tingkatkan Semangat Baru” tersebut. Selain mengetahui sejarah Muhammadiyah, mahasiswa juga dapat mengambil pelajaran yang bermanfaat dari sosok luar biasa yakni K.H. Ahmad Dahlan.

Dalam kegiatan tersebut, diadakan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah Muhammadiyah, seperti “Langgar Kidoel”, pemaparan materi Kemuhammadiyah oleh Ahmad Nafi’an yang merupakan salah satu cicit K.H. Ahmad Dahlan, serta analisis sosial kepada masyarakat di sekitar Masjid Gede Kauman.

Suwandi, mahasiswa semester 1 prodi PAI menuturkan di akhir kegiatan, “Kita adalah penerus perjuangan K.H. Ahmad Dahlan dalam menegakkan Islam. Sebagai kaum muda, kita mempunyai tugas besar dalam kemaslahatan umat, yakni membentuk masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Dengan itu, tujuan Muhammadiyah dapat tercapai.” (AKN)