Novelia Raih Juara Satu Lomba Cabang Kaligrafi Lukis di PSM PTM

0
168

Jannah Izzat merupakan pelukis yang sangat dikagumi oleh Novelia Nur Illahi. Sejak kecil, lukisan memang sudah menjadi sahabat bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ini. Walaupun sempat vakum, ia kini mengaku akan semakin mendalami kaligrafi lukis. Baginya, melukis adalah tempat yang tepat untuk menuangkan imajinasi dengan bebas.

Gelar sebagai juara satu pada cabang lomba Kaligrafi Lukis di Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PSM PTM) tingkat nasional, baru-baru ini disandang olehnya. Melukis kaligrafi dengan tajuk “Ilmu dan Amal Shalih Jalan Dekat menuju Tuhan”, mengantarnya mendapatkan trofi tersebut. Lebih spesifik ia mengungkapkan, arti ayat yang digunakan dalam lukisan adalah, bahwa Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu.

“Teknik yang saya gunakan cukup unik, karena menggunakan plastik untuk membuat tekstur pada background. Lalu khat yang digunakan untuk kaligrafinya, saya menggunakan khat kufi,” jelasnya saat diwawancara, Jumat (23-8-2019).

Ia melanjutkan, tidak ada kesulitan saat perlombaan berlangsung, hanya saja ia harus menunggu cukup lama sampai catnya kering. Kesuksesannya juga tidak lepas dari peran Robert Nasrullah, yang sangat berperan dalam mengarahkan konsep seperti apa yang mesti digunakan dan gaya penulisan kaligrafi yang cocok dan aman untuk digunakan saat lomba.

Perempuan asal Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu berharap, semoga ia bisa tetap semangat dalam berkarya, sehingga nanti bisa memamerkan karyanya di kancah internasional. (ASE)