Ormawa FSBK Gelar Peringatan Hari Literasi Internasional

0
111

Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan acara Peringatan Hari Literasi Internasional pada Sabtu (21-9-2019) di lapangan gedung laboratorium terpadu Kampus Utama. Peringatan ini selaras dengan United Nations Educational, Scientific, Cultural, and Organization (UNESCO) yang menetapkan setiap 8 September sebagai Hari Aksara Internasional (HAI).

Peringatan HAI menjadi ajang untuk memperkenalkan budaya literasi terutama bagi mahasiswa baru (maba) di FSBK. Dengan mengusung tema “Semangat Berkarya bersama FSBK”, acara ini diharapkan dapat mengikat tali silaturahmi antarmahasiswa sehingga dapat memupuk rasa solidaritas, persatuan, kesatuan yang kokoh, dan meningkatkan literasi di lingkungan UAD, khususnya mahasiswa FSBK.

Didiet Kurniawan Bintoro dari Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2017 selaku ketua panitia menuturkan, “Konsep acara literasi baru diadakan pertama kali ini dan sebagai pengganti acara pameran Ormawa FSBK yang rutin diadakan setiap tahunnya.”

Selain menikmati penampilan yang disuguhkan, maba FSBK ditugaskan untuk meminta cap dari setiap Ormawa yang ada di FSBK mulai dari DPM hingga komunitas. Hal ini agar maba sejak dini sudah mengetahui tentang organisasi dan kegiatan kemahasiswaan yang ada di lingkup fakultasnya.

Peringatan hari literasi diramaikan dengan berbagai kegiatan yang menarik di antaranya pameran ormawa, menulis opini, pertunjukan dari setiap ormawa seperti akustik, musikalisasi puisi, tari, band, drama, serta pemutaran film.

“Di dalam pemutaran film ini kami ingin mengenalkan bahwa literasi tidak hanya di bidang baca tulis di kertas, namun ada juga literasi media atau literasi digital salah satunya melalui film,” ungkap Didiet saat dihubungi via WhatsApp. (Chk).