Paristiyanti Nurwardani: Mahasiswa Harus Sukses, Luar Biasa, dan Istimewa!

0
92

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengawali pembukaan Program Pengenalan Kampus (P2K) 2019 dengan mendatangkan Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP. selaku Direktur Pembelajaran, Kementerian Ristekdikti (2015−sekarang) sebagai pembicara tunggal pada Senin (2-9-2019). Ia mengungkapkan bahwa sukses, luar biasa, dan istimewa menjadi tujuan yang harus diwujudkan oleh mahasiswa baru setelah lulus dari UAD.

Orasi ilmiah dengan judul “Mahasiswa Milenial di Era Industri 4.0 dan Global” yang berlangsung selama 1 jam di ruang Amphitarium Kampus Utama UAD, memberikan kesan tersendiri bagi mahasiswa baru, dosen, karyawan, serta tamu undangan. Pemaparan yang ringan oleh Paristiyanti mengenai materi yang berbobot, sangat sesuai dengan topik pembahasan yang tak jauh dari milenial.

Era 4.0 yang akan segera berganti dengan era society 5.0 menuntut mahasiswa untuk mampu bersaing dengan menguasai data, otomatisasi, ICT, dan terampil berbahasa asing terutama bahasa Inggris dan bahasa Tiongkok. Tak ketinggalan, mahasiswa harus dibekali dengan keterampilan entrepreneur sejak dini, sehingga mahasiswa dapat menggenggam dunia.

“Walaupun era 4.0 akan berdampak pada berkurangnya 300.000 pekerjaan, sebenarnya mampu membuka 800.000 pekerjaan di era milenial dengan menguasai otomatisasi, robotik, dan data. Sebab, sesuatu yang sifatnya manual akan hilang,” tutur perempuan yang pernah menjadi Deputy Director South East Asia Ministry of Education Organization (SEAMOLEC) selama 2014−2015 itu.

Ia menambahkan, siapa pun mahasiswa entah dari PTN maupun PTS diminta untuk menguasai teknologi dasar 4.0 yaitu internet of things, artificial intelligence, new materials, big data, robotics, augmented reality, cloud computing, additive manufacturing 3d printing, nanotech & biotech, dan genetic editing.

Dalam penyampaian orasi, ia berpesan kepada Rektor dan Tim Senat UAD untuk mewajibkan matakuliah atau pertemuan tentang big data bagi setiap program studi, sehingga apa pun jurusannya mampu menguasai data. Sebab, itulah kunci kesuksesan di masa mendatang. UAD sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu perguruan tinggi yang menanamkan teknologi sejak dini, terbukti dengan pembukaan P2K 2019 yang menggunakan telekonferensi dan tidak asing dengan teknologi. Bantuan dosen serta seluruh sivitas akademika yang saling bekerja sama untuk menciptakan mahasiswa yang siap menghadapi era 4.0, serta menjadi lulusan yang berkualitas, kompetitif, berkarakter dengan memiliki jiwa entrepreneur, tidak menutup kemungkinan akan benar-benar mewujudkan mimpi mahasiswa untuk menjadi seseorang yang sukses, luar biasa, dan istimewa. (chk)