Partisipasi Mahasiswa PBSI FKIP UAD dalam Kegiatan Balai Bahasa Yogyakarta

0
147

Partisipasi-mahasiswa-pbsi-fkip-uad-di-balai-bahasa-yogyakarta

Para mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berpartisipasi dalam kegiatan di Balai Bahasa Yogyakarta (BBY), Minggu (21/4/2013). Mereka berpartisipasi mengikuti Pelatihan Penulisan Karya Nonfiksi bagi Mahasiswa dan Pelajar se-DIY, sekaligus pembentukan Sanggar Bahasa Indonesia Yogyakarta (SBIY).

Menurut Nanik S., S.Pd., M.A. selaku ketua panitia, acara pelatihan ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa PTN/PTS dan pelajar SMA/SMK/MA di Yogyakarta, termasuk UAD. Tujuan dari acara tersebut, lanjut Nanik, agar mewadahi minat generasi muda, khususnya para pelajar dan mahasiswa di Yogyakarta di bidang tulis-menulis karya nonfiksi. “Acara pelatihan akan digelar sebanyak empat kali pertemuan, dengan materi dan pemateri yang berbeda-beda,” tambahnya.
Acara tersebut resmi dibuka oleh Drs. Tirto Suwondo, M.Hum. selaku Kepala Balai Bahasa Yogyakarta. Dalam sambutannya, Tirto berharap agar seluruh peserta pelatihan dapat memanfaatkan benar-benar ilmu yang disampaikan oleh para pemateri, dan kemudian mempraktikkannya secara langsung. “Menulis itu kegiatan yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain atau masyarakat luas,” tegasnya.

Pelatihan yang digelar oleh pihak BBY akan dilaksanakan pada tanggal 28 April 2013 (materi jurnalistik), 12 Mei 2013 (materi penulisan artikel), 26 Mei 2013 (materi penulisan karya ilmiah), dan 9 Juni 2013 (materi penyuntingan). [sdy]