Pejabat Harus Mampu Berbicara Di Depan Umum

0
171

Sabtu (31/05/2014) di Hotel Novotel , Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan pelatihan public speaking. Acara yang diadakan humas UAD tersebut, menghadirkan Risma Kusuma Rindra sebagai pembicara. Hadir juga Rektor UAD Dr. Kasiyarno, M.Hum pada kesempatan tersebut. Sekaligus membuka acara.

Dalam sambutanya Kasiyarno berharap dengan adanya acara ini para dosen dan pimpinan UAD banyak mendapat ilmu -yang selanjutnya disalurkan kepada rekan-rekan dan kepada mahasiswa.

“Public speaking penting bagi pejabat” tutur Kasiyarno. Menurutnya pejabat harus mampu berbicara di depan umum. Maka dari itu, penting berpenampilan baik dengan tata bicara yang tertata, agar mendapat kesan yang baik. Selain itu, kita  sebagai organisasi harus serasi, kompak dan kebersamaan berkometmen.

Risma Kusuma Rindra menjelaskan, dalam menyampaikan sesuatu perhatikan beberapa hal. Salah satunya posisi berdiri, kaki tidak boleh sejajar, tapi lebih serong (maju salah satu kaki ke depan), posisi tangan berada di perut. Mungkin bagi orang yang tidak biasa akan merasa aneh saat dilatih untuk berbicara “Keanehan dan hal yang baru diawal, akan memberikan kesuksesan diakhir” terang Risma memberikan semangat.

Pelatihan langsung diperaktekan kepada para peserta yang diikuti oleh para dosen dan karyawan UAD. Acara yang berlangsung hingga sore tersebut, tidak hanya pelatihan berbicara tetapi juga latihan table manner. (Sbwh)