Pelajari K3, Mahasiswa FKM UAD Magang di UTeM

0
177

Tiga mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) akan menjalani magang selama Agustus 2018 di Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM). Mahasiswa dari peminatan keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja (K3) FKM ini merupakan yang pertama magang di luar negeri. Mereka adalah Susan Feriana, Luthfatul Marifah Rahmawati, dan Muhammad Ghazali.

Dari penjelasan Dekan FKM, Lina Handayani, S.K.M., M.Kes., Ph.D. magang merupakan bagian dari kurikulum yang merupakan aplikasi dari pembelajaran teori di kelas.

“Antara teori dan praktik belajar lapangan harus seimbang. Oleh karenanya lokasi dan tempat magang harus benar-benar dipertimbangkan,” paparnya didampingi Oktomi Wijaya, S.K.M., M.Sc. dan Muchamad Rifai, S.K.M., M.Sc. di ruang dekanat FKM, Kamis (28/6/2018).

Di FKM, lokasi magang dibagi dari tingkat lokal, nasional, dan internasional. Selama ini paling banyak ada di tingkat nasional. Dengan magang, mahasiswa akan tahu keadaan riil di masyarakat, karena subjek utama FKM adalah masyarakat.

Di sisi lain, Oktomi yang merupakan pembimbing lapangan menyampaikan, selama di Malaysia mahasiswa akan mendalami mengenai K3.

“Sebulan penuh, tiga mahasiswa tersebut akan belajar di UTeM dan melakukan kunjungan ke berbagai perusahaan di Malaka. Pengalaman ini akan sangat bermanfaat bagi mereka di dunia kerja nantinya.”

Sementara pengelola K3 FKM, Muchamad Rifai, menjelaskan, peminatan K3 ini paling diminati mahasiswa.

“Di dunia lapangan pekerjaan, K3 sangat dibutuhkan, baik di lingkungan pemerintah maupun industri sudah menjadi kebutuhan. Di Indonesia sendiri baru menjadi tren,” tandasnya.

Untuk meningkatkan kualitas magang dan mahasiswanya, FKM UAD terus mengembangkan kurikulum K3. Harapannya, mahasiswa dapat mendongkrak K3 di Indonesia dan mengikuti perkembangan K3 dunia. (ard)