Pendidikan Matematika Selenggarakan Pelatihan Penulisan dan Analisis Butir Soal

0
248

Bertempat di ruang audit lantai 3 Gedung D Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kampus III, Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyelenggarakan Pelatihan Penulisan dan Analisis Butir Soal bagi para dosen di lingkungan pendidikan matematika. Materi pelatihan antara lain pengembangan instrumen evaluasi, validitas dan reliabilitas, serta analisis butir soal uraian dan pilihan ganda. Pelatihan yang diadakan pada Sabtu, 31 Januari 2015 ini merupakan kelanjutan Workshop Pengembangan Kurikulum Pendidikan Matematika serta Workshop Pengembangan SAP dan Silabus yang telah diselenggarakan pada 21 dan 27 Januari 2015 lalu.

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menyusun soal sebagai salah satu bentuk evaluasi atau penilaian bagi para mahasiswa. Selain itu, diharapkan semakin bertambahnya kemampuan analisis butir soal, serta upaya untuk meningkatkan mutu kegiatan akademik.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dibuka oleh Kaprodi Pendidikan Matematika, Drs. Abdul Taram, M.Si. Dalam sambutannya, Kaprodi mengharapkan agar semua hasil yang diperoleh dari pelatihan itu dapat meningkatkan kompetensi dosen dalam menyusun soal-soal ujian tengah semester, soal ujian akhir semester, maupun kuis bagi para mahasiswa. Kegiatan ini juga untuk mendukung proses akreditasi yang akan berlangsung awal 2016 mendatang.