Penelitian Dosen Harus Dipublikasikan

0
189

“Banyak dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang melakukan penelitian, dan tidak semua diekspos oleh media. Padahal, hasil penelitian mereka perlu dipublikasikan,” kata Humas UAD Dewi Soyusiawati, saat melakukan kunjungan ke kantor Tribun Jogja, Kamis (10/3/2016).

            Tentu saja, lanjut Dewi, penelitian para dosen UAD menarik dan akan lebih bermanfaat jika dipublikasin ke media.

Menanggapi hal tersebut,  Sulistiono, News Manager Tribun Jogja, berharap hasil penelitian atau temuan-temuan dosen diinfokan kepada Tribun.

“Nanti kami akan mengirim informasi itu ke wartawan,” jelas Sulistiono.

Ada banyak cara mempublikasin hasil penelitian, bisa lewat opini, feature, atau berita. Menurut Sulistiono, sekarang sudah bukan masanya “jurnalis is jurnalis”. Sekarang jurnalis bisa ditulis oleh masyarakat. Nah, UAD boleh menuliskan kegiatan dan dikirimkan ke Tribun.

Lebih lanjut Sulistiono mengatakan, UAD perlu mendaftar para pakar yang ada, bagi media pakar sangat berarti ketika ada peristiwa yang mendesak, pakar sangat dibutuhkan.

“Kami juga mengadakan pelatihan setiap bulan ke sekolah-sekolah, jika UAD ingin ikut boleh, paling tidak tahu tentang 5W+1H.“

Tribun sendiri telah menjalin kerja sama dengan Pusat Studi Astronomi (Pastro) UAD, Yudi Pramudiya, perihal gerhana matahari.