Persada Adakan Hunting Tourist dan Kunjungan Industri

0
217

Demi menyukseskan program tahunan Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Persada (Pesantren Mahasiswa KH Ahmad Dahlan) mengadakan kegiatan Hunting Tourist dan Kunjungan Industri yang bertujuan untuk melatih berbicara menggunakan bahasa Inggris juga berwirausaha.

Kegiatan tersebut diadakan di kawasan Candi Borobudur dan sekitarnya, Magelang, Jawa Tengah, pada Minggu (24/01/2016). Seluruh pengurus Persada mulai Direktur, Kepala Asrama, Musyrif, dan Musyrifah, telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Juga para santri yang berjumlah sekitar 150 mahasiswa yang berasal berbagai fakultas di UAD bersemangat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 05.00-21.00 WIB dari keberangkatan sampai kepulangan. Dalam rentan waktu tersebut, santri diminta untuk melakukan wawancara dengan beberapa turis asing di Candi Borobudur. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing bagi santri, terutama bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional.

Selain itu, untuk melatih mental berwirausaha, santri Persada berkunjung ke dua tempat usaha rumahan yang diharapkan mampu memotivasi santri untuk menjadi pengusaha demi membuka lapangan pekerjaan di masa depan.

Dua tempat tersebut adalah “Rumah Ketela” dan “Lidiya Art”. Rumah Ketela merupakan industri rumahan milik Ida. Di dalamnya terdapat pembuatan berbagai macam makanan hasil olahan ketela dan umbi-umbian. Hal ini tentu menjadi pengalaman baru bagi santri untuk lebih bisa mengolah makanan yang bermacam-macam dari ketela.

Sedangkan “Lidiya Art” adalah tempat usaha milik Haryanto, di dalamnya menghasilkan lukisan dan karya seni seperti patung dan ornament-ornamen. Bahan utama pembentuk karya seni ini adalah tanah liat serta pasir hasil erupsi Merapi pada tahun 2010 silam. (AKN)