Pesilat Perempuan Terbaik

0
227

Herdiyana Asmoroningtyas merupakan salah satu pesilat perempuan terbaik yang dimiliki Ortom Tapak Suci Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Pada Kamis-Sabtu (3-5/5/2018) di kejuaraan nasional Tapak Suci IPB Open 2018 di Graha Widya Wisuda IPB, ia berhasil meraih juara 1 lagi.

Perempuan yang akrab dipanggil Herdiyana ini adalah mahasiswa dari Program Studi Sastra Indonesia UAD. Ia baru 10 bulan bergabung dan latihan, tetapi jangan diremehkan kemampuan bela dirinya. Ia sudah empat kali meraih juara dalam kejuaraan tingkat nasional selama bergabung di Tapak Suci UAD. Memang, sejak SMP ia sudah aktif bergelut di bidang olahraga bela dari, dan banyak memboyong piagam emas, perak, serta perunggu, dari tingkat regional maupun nasional.

Hal yang melatarbelakanginya sangat menyukai tapak suci karena ia nyaman berada di lingkungan tersebut. Selain itu, ia juga sangat mencintai olahraga bela diri yang satu ini.

“Dari apa yang sudah saya cintai, maka saya lebih mudah untuk menekuninya. Dari kecintaan itu, membuat motivasi saya sebagai perempuan ingin menggali potensi lain di luar bidang akademik,” jelasnya.

Banyak kendala yang ia hadapi saat di gelanggang, seperti kurang percaya diri, rasa takut, dan sindrom sebelum pertandingan. Seiring berjalannya waktu, ia sudah ahli menangkal kendala itu dan mempunyai trik tersendiri. Misalnya dengan menyendiri, berdoa, telepon orang tua sebelum masuk ke gelanggang, konsultasi ke teman terdekat, dan sharing dengan pelatih.

“Sebenarnya ketika berada di gelanggang, saya hanya bermain bahagia saja, dan arahan pelatih membuat pertandingan saya lebih lancar.”

“Harapan ke depannya nanti, semoga saya dapat mempertahankan posisi sekarang ini ketika ada event selanjutnya,” tambahnya.