PPKn UAD Adakan Pelatihan Akhlak Kemanusiaan bagi Pendidik Muslim

0
192

 

Bertempat di Lor-In Hotel, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Prodi PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan International Committee of the Red Cross (ICRC) Jakarta, mengadakan pelatihan kepada pendidik muslim mengenai Humanitarial Ethics pada Minggu hingga Kamis (4-8/10/15).

Kegiatan yang diselenggarakan selama lima hari ini tidak hanya diikuti oleh Dosen di lingkungan Prodi PPKN FKIP UAD, tetapi dihadiri juga dari beberapa lembaga antara lain Hizbul Wathan Kwarwil DIY, guru-guru SMP Muhammadiyah di lingkungan Sleman, IAIN Sumatra Utara, PMI Kota Yogyakarta dan Surakarta, beberapa perwakilan dari pesantren di Jakarta, Aceh, dan Makassar, serta dari Thailand.

Kegiatan dibuka oleh Prof Dr. Sabiran selaku Wakil Rektor UAD Bidang Kerja Sama dan Urusan Internasional, dan Andrew B Smith sebagai Koordinator Regional ICRC Bidang Kemanusiaan dari Prancis. Acara ini turut dihadiri Dekan FKIP Dr. Trikinasih Handayani, M.Si serta pejabat struktural di lingkungan UAD dan ICRC Jakarta.

Kegiatan yang diawali dengan selayang pandang tentang ICRC dan gerakan Palang Merah serta Bulan Sabit Merah (ICRC, PMI, IFRC) ini dilanjutkan dengan beberapa materi. Di antaranya pengantar akhlak kemanusiaan, pemberantas dalam konflik bersenjata, hukum humaniter di lapangan, merespons konsekuensi konflik bersenjata, pengantar Hukum Humaniter Internasional (HHI) dan hubungan Islam dengan HHI, serta beberapa materi yang lain.

Dra. Sumaryati, M.Hum. menyampaikan, “Kegiatan ini kami sambut positif khususnya di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Ahmad Dahlan yang Insya Allah akan ditindaklanjuti dengan beberapa kegiatan di prodi, laboratorium, serta kelompok PMI yang ada di prodi PPKn.”