Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PK3)

0
53
Ir.Tri Budiyanto, M.T.,IPM sedang menjelaskan materinya dalam acara Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PK3) pada Selasa (11/9/2018)

Komunitas Farmasi Peduli divisi pelayanan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PK3) di auditorium kampus 3 UAD, Selasa (11/9/2018). PK3 ini bertema “Safety Ia Our Priority”. Peserta tak hanya datang dari mahasiswa Farmasi, namun juga dari umum.

Hadir sebagai narasumber dalam acara ini yakni Oktomi Wijaya, S.K.M.,M.Sc. (Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat UAD) dan Ir. Tri Budiyanto, M.T.,IPM. (Dosen Fakultas Teknologi Industri UAD).

Fitriana Kemalasari selaku ketua panitia menuturkan, acara PK3 ini bertujuan agar para mahasiswa mengerti semisal ada kecelakaan kerja, tahu cara menanganinya supaya tidak merugikan diri sendiri dan tidak panik.

Sementara Oktomi Wijaya mengatakan, kecelakaan di laboratorium terjadi karena kondisi yang tidak aman dan perilaku yang tidak aman. Serta terdapat dua bahaya yaitu kesehatan dan keselamatan.

Lab safety itu penting karena ada banyak bahaya di laboratorium seperti bahaya paparan bahan kimia, paparan terhadap organisme, dan paparan alat. Jadi kalian harus paham dengan penggunaan alat-alat yang ada di lab dan pertolongan pertama pada saat bekerja di lab,” ungkapnya.

Tri Budiyanto mengatakan, banyak kecelakaan  yang terjadi saat di lab antara lain karena gas/zat yang bisa menimbulkan bau tidak enak dan meledak, tersengat aliran listrik, dan terjadi ledakan.

”Semoga mahasiswa yang bekerja di lab lebih cepat tanggap dan tepat dalam menghadapi kecelakaan kerja, serta mampu menyebarkan wawasan yang sudah diterima untuk orang lain agar tidak panik saat terjadi kecelakaan kerja,” harap Fitriana (dta)