Radhiatul Fitri: Juara II Mawapres UAD yang Ingin Menjadi Profesor Psikologi

0
190

 

“Saya berkeinginan menjadi dosen hingga bisa menjadi prefesor di bidang psikologi,” ujar Radhiatul Fitri, peraih juara II Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat Kopertis Wilayah V DIY tahun 2015 saat ditemui di kampus I Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Sabtu, (5/6/2015).

Bergelut di dunia akademik tampaknya menjadi pilihan menarik baginya. Prestasi yang ditorehkan mahasiswa semester 8 Fakultas Psikologi ini pun sudah sangat banyak. Selain sering menjadi pembicara, anak sulung dari delapan bersaudara ini juga pernah presentasi di Taiwan, Malaysia, Singapura, dan beberapa negara tetangga lainnya.

Di sela-sela kegiatannya, perempuan berdarah Padang yang lahir 20 Maret 1993 masih sempat mengajar privat di sebuah bimbingan belajar di Yogyakarta. Ia juga menjadi asisten praktikum tes kognitif individual di Fakultas Psikologi UAD.

Fitri, begitu panggilannya, tercatat aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi UAD dan menjadi internship di Rifka Annisa Woman’s Crisis Center Yogyakarta. Dengan seabreg kegiatan tersebut, ia tetap mampu membuktikan diri sebagai mahasiswa yang berprestasi.

Saat ini, ia tengah mempersiapkan diri untuk maju seleksi Mawapres tingkat nasional yang akan dilakukan pertengahan Juni. Ia berharap dapat masuk tiga besar di ajang tersebut. “Sejak masuk kuliah, saya sudah targetkan untuk bisa menjadi Mawapres dan bisa ke luar negeri,” ujarnya.

Dua keinginan perempuan berhijab ini selama kuliah di Yogyakarta sudah terwujud. Di samping itu, ia masih berharap pada seleksi Mawapres nasional mendatang. Sehingga bisa membuka jalannya untuk memperoleh peluang beasiswa melanjutkan studi ke luar negeri.

Oleh karena itu, berbagai upaya telah ia lakukan. Salah satunya meningkatkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris. “Ini penting karena presentasi karya ilmiah di seleksi nasional menggunakan bahasa Inggris,” tutupnya.