Reading And Writing Of Ahmad Dahlan Society

0
216

ADAKAN BAZAR BUKU

Pendidikan merupakan salah satu tolak ukur yang dapat digunakan untuk menakar seberapa jauh suatu kelompok (baca: Bangsa) dalam menyikapi kelangsungan hidup di dunia. Dengan pendidikan, kita akan dapat mengklasifikasikan kelompok-kelompok tersebut ke dalam suatu tataran berkehidupan. Sebab, pendidikan serupa identitas atau baju yang dapat membuat orang membedakan tingkat klasifikasi kehidupan seseorang atau sekelompok orang. Jadi, di masa sekarang ini pendidikan merupakan salah satu kebutuhan primer.

Proses kegiatan berpendidikan tidak terlepas dari beberapa hal pokok di dalamnya, diantaranya; peserta didik, pendidik, dan media pendidikan. Salah satu media terpenting untuk mentransfer ilmu dalam pendidikan yaitu buku. Buku merupakan kebutuhan "pokok" bagi seorang akademisi. Karena buku merupakan salah satu pintu untuk mengenal dan memasuki dunia wawasan yang tiada bertepi. Maka, dengan alasan itulah program studi (prodi) Sastra Inggris, Fakultas Sastra Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menggelar bazaar buku.

"Ini adalah bukti eksistensi kami terhadap dunia pendidikan. Untuk apa menimba ilmu jika kita tidak menyinggung masyarakat sekitar kita. Karena ini wilayah kampus, maka kami menyentuh masyarakat kampus dengan bazaar buku ini. Meskipun mebaca itu adalah kebutuhan dan hak masing-masing individu, tapi kesadaraan akan pentingnya buku harus dibangun dari hal semacam ini. Kan malu, masa mahasiswa ga suka baca? Mau dibawa ke mana bangsa ini?" papar Nova Setio Putro, mahasiswa smester 6 fakultas sastra yang menjadi ketua panitia acara.

Acara yang digelar di Hall kampus UAD II, Jl. Pramuka, No. 42, Umbulharjo, Yogyakarta ini akan berlangsung selama satu minggu, terhitung tanggal 03 Mei 2012 – 09 Mei 2012. Bazaar yang merupakan salah satu proker divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dari komunitas mahasiswa sastra, Reading and Writing of Ahmad Dahlan Society ini terlaksana atas kerja sama dengan Pustaka Pintar.

"Ini merupakan kerja sama kami yang kedua. Sebelumnya dengan Kopma UAD. Dan Alhamdulillah sekarang dipercaya oleh kawan-kawan sastra. Buku-buku yang dipamerkan pun merupakan buku-buku berkualitas yang diterbitkan oleh beberapa penerbit ternama, diantaranya; Bentang Pustaka, Media Pressindo, Pustaka Pelajar, Diandra, dll. Harapannya adalah, minat baca di kalangan mahasiswa semakin baik. Dibandingkan dengan beberapa kampus yang pernah saya kunjungi, mahasiswa UAD sangat antusias dalam merespon keberadaan pasar buku musiman ini. Semoga kegiatan semacam ini dapat ekstafet." terang Polmen Irfansyah, pengelola event Distribusi Buku Pustaka Pintar. (IHS)