Ribuan Warga Padati Kampus IV UAD, Shalat Gerhana Berlangsung Dua Kali

0
211

Antusias masyarakat untuk melihat gerhana matahari memadati kampus IV Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Selasa, (9/3/2016). Shalat gerhana dilakukan dua kali setelah Masjid Islamic Center yang bisa menampung 3000 jamaah ini, tidak bisa membendung lebih banyak warga yang ingin melakukan shalat gerhana.

               Shalat gerhana pertama dipimpin oleh H. Nurkhalis, M.Ag. dan dr. H. Agus Taufiqurrahman, Sp.S.M.Kes. sebagai khatib. Shalat kedua dipimpin oleh Fajar Ramadhani dan khatib Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag.

               Taufiqurrahman dalam ceramahnya mengatakan, peristiwa alam seperti gerhana matahari adalah tanda-tanda kebesaran Allah Swt. Seharusnya sebagai kita umat muslim semakin menyadari kekuasaan Allah Swt. atas kehendak-Nya yang mengatur alam.

Kampus IV yang terletak di Ringroad Selatan sudah dipadati warga sejak pukul 05.30 WIB. Ribuan warga memadati lapangan dan pelataran dengan beberapa alat yang disediakan pihak UAD.

UAD sendiri mengerahkan puluhan pemandu dari mahasiswa untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, menyediakan 350 kacamata matahari, 4 teleskop, puluhan kotak proyeksi lubang jarum, dan beberapa layar lebar live streaming dari Ternate.

Tim Gerhana (Tiger) UAD juga mengamati gerhana matahari di Ternate. Mereka ke sana sejak Minggu, 6 Maret 2016.

“Untuk tim yang Ternate, mereka bisa melakukan pengamatan gerhana matahari total (GMT) secara penuh karena wilayah itu terlewati peristiwa tersebut,” kata Kepala Pusat Studi Astronomi UAD yang juga menjadi Tiger 2016, Yudhiakto Pramudya.

Lebih lanjut, Yudi menjelaskan, untuk  tim Yogyakarta telah melakukan observasi gerhana matahari sebagian, edukasi, dan shalat gerhana.