Sainspreneurship: Berbisnis dengan Sentuhan Sains

0
223

Lebih dari 300 mahasiswa program studi Biologi turut serta dalam kuliah umum yang diadakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F.MIPA) Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Acara tersebut diadakan pada Jum’at (11/03/2016) di aula Islamic Center, Jalan Ringroad Selatan, Tamanan, Bantul sejak pukul 08.30-11.00 WIB.

Dalam kuliah umum yang mengambil tema “Implementasi Biosains dalam Wirausaha Budidaya Ikan”, didatangkan Dr. Agung Budiharjo, S.Si., M.Si. yang merupakan dosen Biologi Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai pembicara. Saat ini, ia telah sukses mengembangkan bisnisnya berupa budidaya sidat, ikan cupang, rumput laut, teh celup, dan lain sebagainya. Bahkan, penjualannya sudah menembus pasar dunia sampai ke Paris, Prancis.

Agung berujar bahwa ia mencoba membudidaya sambil berbisnis. Dengan penelitian-penelitian yang ia lakukan selama ini, ternyata hasilnya tidak sia-sia. Banyak yang mendatanginya untuk belajar mengenai pembudidayaan dan berbisnis. Dari itu pulalah, uang dapat ia hasilkan dengan sendirinya.

“Untuk bisa sukses, kita jangan minder dan rendah diri, juga harus banyak berkonsultasi kepada ahli, karena tidak akan ada kata akhir untuk belajar,” kata Agung yang juga pemilik rumah makan Jepang di kota Solo tersebut.

Dalam kuliah umum, selain pemaparan materi tentang sainspreneurship, juga diadakan diskusi tentang pembudidayaan biota laut dengan sentuhan sains. Mahasiswa Biologi UAD pun antusias memberikan pertanyaan kepada Agung.

Menurut Agung, tidak ada kesuksesan sebelum berusaha. Sebagaimana ia yang dalam merintis karier memerlukan waktu sepuluh tahun jatuh bangun dan mengalami kegagalan.

“Kita harus punya keahlian, karena itu dapat menutupi kekurangan yang ada. Teruslah berkarya, karena berkarya adalah satu kesempatan bagi yang tidak berkesempatan bekerja disektor formal.” (AKN)