Sambut Mahasiswa Asing: KUI Siapkan Program yang Variasi

0
211

Sebanyak 750 darmasiswa dari 77 negara disambut dengan hangat pada malam pembukaan dan kegiatan orientasi  program beasiswa darmasiswa TA 2013/2014 yang diadakan di Aryaduta Hotel Tugu Tani, Jakarta Pusat. Acara yang berlangsung dari tanggal 30 Agustus – 1 September ini diadakan untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan dasar mengenai bahasa dan budaya Indonesia. Beasiswa  Darmasiswa ini merupakan program tahunan yang diadakan  oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Internasional, Kementrian Pendidikan dan Budaya, Indonesia.

Ananto Kusuma Seta selaku Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri menyatakan untuk tahun ini terdapat peningkatan yang signifikan dalam jumlah pelamar darmasiswa.  Mereka yang telah tersaring dari total 2000 pelamar akan belajar di 48 Higher Institution In Indonesia. Program Darmasiswa ini merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa asing dari Negara yang memiliki hubungan diplomatic dengan Republik Indonesia untuk belajar bahasa Indonesia, seni, music, dan berbagai program studi lain di universitas penyelenggara.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta  merupakan salah satu institusi yang dipercaya oleh Biro PKLN untuk menjadi salah satu home university atau universitas penyelenggara program Darmasiswa sejak tahun 2006. Tahun ini, 10 mahasiswa yang berasal dari 7 negara (Jepang, Hongaria, India, China, Uzbekistan, Thailand dan USA) akan menempuh studi bahasa Indonesia, Ilmu Komputer dan international bussines di Universitas Ahmad Dahlan.

Delapan dari sepuluh mahasiswa yang telah hadir dalam program ini adalah Mitsuyuki Sato dari Jepang. Mate Molnar, Szabina Farkas B, Lilla Tolnai dari Hongaria, Rajkumar Dimbajit Sing, Tejas Yambem  dari India,  Sadullayev Yashnar dari Uzbekistan dan Han Renping (China) mengaku sangat antusias dan tidak sabar untuk segera sampai di Jogja dan memulai kegiatan belajar di UAD.

Intan Rawit dan Dessy Kamila selaku perwakilan dari Kantor Internasional UAD menyatakan bahwa KUI telah mempersiapkan berbagai pilihan program akademik dan non-akademik yang bervariasi bagi seluruh mahasiswa asing yang belajar di UAD.(Rw)