Semakin Sepi, Perpustakaan Semakin Bagus

0
237

“Perpustakaan yang sepi adalah perpustakaan yang bagus,” begitulah yang dikatakan Tedi Setiadi, M.T., kepala Pusat Sumber Belajar (PSB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) saat menjadi juri dan menyeleksi tahap dua dalam lomba karya tulis yang bertema “Optimalisasi Perpustakaan UAD”, Selasa (1/12/2015) di ruang Literasi kampus III.

Menurutnya, perpustakaan tidak perlu luas juga. Perpustakaan modern adalah perpustakaan yang tidak hanya membaca di dalam perpustakaan, tetapi juga bisa membaca di luar perpustakaan.

“Seperti konsep yang dilakukan UAD saat ini. Perpustakaan UAD sekarang menggunakan digital perpustakaan yang bisa diakses oleh mahasiswa di luar ruang perpustakaan.”

Kata Tedi, saat ini UAD mulai mengarsipkan skripsi dalam bentuk digital. Selanjutnya juga akan mengoptimalkan jurnal dosen dan mahasiswa. Dosen dan mahasiswa juga bisa memasukkan sendiri ke portal yang sudah disediakan oleh UAD dengan menggunakan IP-nya sendiri.

Untuk memberikan pelayanan dan memperbanyak link, perpustakaan UAD dalam dekat ini akan menjalin kerja sama dengan Perpustakaan Nasional Yogyakarta.

“Kami akan saling menukar informasi tentang perkembangan buku. Nantinya mahasiswa akan tahu buku apa saja yang ada di perpustakaan nasional sehingga mereka lebih gampang mencari buku yang dibutuhkan,” ujarnya.

Selain Tedi Setiadi, ada juga Dr. Rina Ratih S, M.Hum. dan Nanik Rakitan, MP. sebagai juri lomba tersebut. Rina Ratih mengusulkan ke depan lomba-lomba seperti ini tetap diadakan dan kalau bisa kerja sama dengan penerbit.

“Sangat menarik jika ada buku game dan hiburan seperti buku fiksi agar pembaca tidak jenuh. Terlebih di kampus III yang lebih banyak prodi keilmuan eksakta,” sarannya kemudian.

M Darmawan, salah satu peserta menyarankan, agar komunikasi antara pengguna dan pelayanan harus harmonis, agar pengguna perpustakaan senang sehingga mereka tidak malas perpustakaan.

Dalam lomba esai tersebut, Juara 1 diraih oleh Supriadi, Juara 2 oleh Nindia, Juara 3 oleh Topik Nurocman, Juara Harapan 1 oleh Adhi Susanto, dan M Darmawan sebagai Juara Harapan 2.