Seminar Fakultas Ekonomi: Investasi dengan ORI

0
178

Rabu (01/10/2014), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan acara Sosialisasi Obligasi Negara Ritel ORI-011 di auditorium kampus I, jalan Kapas 09, Semaki, Yogyakarta. Acara yang terselenggara atas kerja sama Fakultas Ekonomi (FE) UAD dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan PT Sucor Invest Central Gani ini sekaligus menghadirkan Vice President Investment Banking, Mukti Wibowo Kamihadi.

Mukti memaparakan bahwa pada Oktober ini, pemerintah akan menyerahkan surat utang negara. Salah satu perusahaan sekuritas yang ditunjuk oleh pemerintah adalah PT Sucor Invest Central Gani. Perusahaan ini bergerak di bidang investasi.

Menurutnya, banyak pilihan untuk melakukan investasi. Misalnya dalam bentuk surat pengakuan utang (obligasi). Obligasi dapat diterbitkan oleh perusahaan maupun pemerintah (obligasi negara). “Obligasi pemerintah yang diterbitkan oleh pemerintah adalah Obligasi Negara Ritel ORI-011,” terangnya.

Tujuan pemerintah dalam menerbitkan ORI adalah untuk memperluas basis investor di dalam negeri dan mengubah tren di masyarakat dari saving oriented menjadi investment oriented.

Sementara menurut Deni Ismanto, SE. selaku ketua panitia acara mengatakan, “Peserta yang hadir dalam acara ini sekitar tiga ratus. Terdiri atas kalangan dosen dan mahasiswa, baik dari UAD maupun luar UAD. Setelah acara ini, diharapkan mereka lebih mengenal dan mengetahui tentang obligasi pemerintah dan PT Sucor Invest Central Gani.” (MCH)