Sharing KUI PTM/PTA untuk Memupuk Solidaritas

0
193

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengikuti kegiatan Forum Kantor Urusan Internasional (KUI) Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan PTA se-Indonesia yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya pada 27-29 November 2015. 

“Internasionalisasi perguruan tinggi saat ini, telah menjadi tren global yang sudah hampir tidak bisa kita tolak keberadaannya,” kata Ida Puspita, MA.Res., ketua Forum KUI PTM/PTA periode 2015-2016.

Menurutnya, tahun 2015 ini telah dicanangkan sebagai tahun diberlakukannya Asean Economic Community atau Masyarakat Ekonomi ASEAN. Sebelumnya, workshop semacam ini telah diselenggarakan, yakni pada tahun 2010 lalu di Uhamka, lalu di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada tahun 2011, di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) pada tahun 2012, di UM Palembang pada tahun 2013, di UAD dan UM Palangkaraya pada tahun 2015.

Pada periode kepengurusan Forum KUI PTM/PTA se-Indonesia tahun 2014-2015, salah satu program kerjanya adalah menyelenggarakan workshop dua kali selama satu tahun di UM Palangkaraya dan UM Jakarta tahun 2016. Workshop kali ini bertujuan untuk mematangkan aktivitas-aktivitas kerja sama yang dapat dilakukan dengan model konsorsium PTM/PTA, misalnya joint KKN, PPL internasional, dan joint summer course program.

Pada kesempatan itu, Kepala Subdirektorat Kerja Sama Antar Lembaga Dikti, Purwanto Subroto, Ph.D., menyampaikan bahwa penyusunan naskah akademik kerja sama perguruan tinggi dan implikasinya terhadap pemeringkatan perguruan tinggi. Prof. John Lee (President Kyung Dong University Korea Selatan), menyampaikan tentang possible collaborative activities between universities in Indonesia and South Korea. Selain itu, ada pula pembicara dari internal PTM yang membahas tentang KKN/PPL internasional dan joint summer course program.

Ida Puspita berharap, kegiatan ini bisa menjadi ajang sharing best practice dari beberapa PTM yang sudah maju dalam internasionalisasi untuk menggandeng beberapa PTM yang masih dalam tahap belajar serta menyusun langkah-langkah strategis untuk kegiatan internasional yang bersifat konsorsium. Internasionalisasi di PTM/PTA yang dilakukan secara bersama-sama akan semakin memupuk solidaritas di antara sesama keluarga Muhammadiyah.

Sebanyak 50 peserta dari PTM/PTA se-Indonesia disambut Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Drs. H. Bulkani, M.Pd. dan Prof. Bambang Setiaji dari Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, serta Walikota Palangkaraya, HM. Riban Satia, S.Sos, M.Si.  Workshop ini terselenggara atas kerja sama Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah, yang diketuai KUI UAD Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.